Lihat ke Halaman Asli

F1 2023 GP Belgia, Ban Ekstrim Wet Masih Tidak Berguna

Diperbarui: 30 Juli 2023   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mobil F1 Charls lercer wet tyre twitter.com/ScuderiaFerrari

Banyak Fans F1 yang mengkrtisi Ban Wet (basah) ekstrem, sebab tidak berguna dan jarang dipakainya ban tersebut dan hanya memboroskan kret yang ujung-ujungnya tidak dipakai.

Das sepertinya sejumlah Driver juga setuju dengan pendapat tersebut. Di GP Belgia akhir pekan ini, sirkuit SPA Francorchamps dilanda hujan deras dan sesi latihan dan balapan sprint terpaksa didelay lebih dari 30 menit sebab lintasan yang terlalu becek, padahal F1 mempunyai ban untuk situasi tersebut-yaitu ban wet(basah) ekstrim.

George Russell Driver untuk tim Mercedes F1 sekaligus sebagai Director Asosiasi pembalap Grand Prix secara khusus telah menyatakan kekecewaan mereka dengan betapa... ya, tidak bergunanya ban tersebut.

George Russell (Mercedes AMG F1 Media: Steve Etherington )

Masalah visibilitas saat hujan telah menjadi perbincangan besar di Formula 1 belakangan ini, dengan banyaknya Driver mengungkapkan bahwa visibilitas merupakan masalah besar di sirkuit seperti Spa.

George Russell menggambarkan kurangnya visibilitas sebagai "mengemudi di jalan raya dalam hujan deras dan tanpa wiper kaca depan", tetapi di sisi lain, para Fans F1 semakin frustrasi harus menunggu mobil keluar garasi setiap turun hujan deras.

Setelah balapan sprint GP Belgia, George ditanya apakah ada yang bisa diubah untuk membantu visibilitas atau meningkatkan keefektifan ban basah ekstrem yang (jarang terlihat).

"Ya, ban ekstrem adalah ban yang cukup tidak berguna. Ban itu sangat buruk. Anda tahu, kecepatannya mungkin enam atau tujuh detik lebih lambat dari ban intermediate, dan satu-satunya alasan Anda akan menggunakan ban basah ekstrem adalah karena Anda bisa aquaplane dengan ban intermediate..

"Jadi, hal itu harus diperbaiki secara substansial. Aquaplaning dengan air yang cukup sedikit sungguh signifikan, dan saya ingat menonton video onboard lama tahun 2007 dengan Massa dan Kubica, saya rasa, di Fuji. Begitu banyak air (di lintasan), tetapi mereka tetap melaju dengan kecepatan penuh."

Leclerc yang langsung mengganti ban Wet menjadi inter di lap 1 spirt race twitter.com/ScuderiaFerrari

Charls Leclerc juga setuju, mengatakan bahwa ban tersebut pasti perlu diperbaiki: "Ya, ada beberapa hal.. ada beberapa 'PR' yang harus dilakukan, karena kami memiliki ban ekstrem yang sangat aneh, tetapi sangat bagus untuk (mengatasi) aquaplaning.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline