Lihat ke Halaman Asli

F1 2023: Masih Adakah Jalan untuk Tim ke-11 Formula 1?

Diperbarui: 19 Juli 2023   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Michael Andretti dan Mohammed bin sulayem (wtf1.com)

Minggu lalu Boss tim Mercedes F1 Toto Wolff keluar Mengeluarkan alasan yang membuat kemungkinan Formula 1 menambah tim yang berkombetisi. Toto mempertanyakan "masalah keamanan" dari kebputusan tersebut.

Toto menyebut selama akhir pekan Grand Prix Inggris: "Posisi kami sangat jelas -- beli tim (yang sudah ada). Ada banyak konsekuensi ketika Anda melihat sesi kualifikasi. Maksud saya sekarang kami terlihat seperti di trek go-kart, kami tersandung satu sama lain. Ada masalah keamanan."

(dari kiri) Mohammed bin sulayem, Stefano Domenicali, Toto Wolf dan Michael Andretti. (WTF1.com)

Toto juga menegaskan tidak setiam sirkut bisa mengakomendasikan tim f1 ke 11 seperti Silverstone. Silverstone yang minggu lalu menyediakan garasi khusus untuk timpat syuting film Formula 1 yang dibintangi Brad Pitt. 


"Kami belum mendapatkan logistik untuk menempatkan tim ke-11. Di sini, di Silverstone kami dapat menampung orang-orang Hollywood, tetapi di sirkuit lain kami tidak bisa."

Terakhir kali Formula 1 memiliki 11 tim adalah di musim 2016 dengan tim asal Rusia Manor GP. Tim Manor yang tentunya sudah tidak asing bagi penggemar F1 Indonesia, tim dimana Rio Haryanto menjalani karir singkat F1-nya.

Rio Haryanto di Manor GP tim ke-11 terkahior F1 (Republika.co.id)

Dalam perbincangan dengan Autosport, CEO Formula 1 Stefano Domenicali ingin mengulangi pernyataan sebelumnya tentang tim ke-11 apakah mereka akan membawa nilai signifikan terhadap. Para petinggi FIA dan F1 dilaporkan berada di ambang keputusan dari empat tawaran saat ini diterima.

"Selerti yang kami jelaskan, ini bukan soal uang" kata Stefano. "Dan saya tidak ingin mensekulasikan apa pun karena ada proses (yang sedang berjalan) dan saya menghormati Proses yang dilakukan FIA, dan Keputusan akhirnya akan segera keluar. Seperti yang selalu kami katakan, kami perlu memastikan bahwa keputusan itu tepat untuk bisnis. Jadi itu adalah keputusan lain yang akan diambil dalam beberapa bulan ke depan."

Ketika ditanyya soal tawaran dari Andretti dan Cadillac, Stefano menjawab: "ada sisi positif dan negatif, hal tersebut yang sedang kami evaluasi. Jadi saya tidak bisa memberi bocoran dari keputusan kami. Kami menghadapi permasalahan ini dengan sangat serius dan teliti. Jadi ketika kami sudah siap dengan diskusi itu, kami akan menginformasikannya, bersama FIA."

Dengan panjang rumitnya proses tersebut ditambah penolakan jelas dari sebagian personel F1 seperti Toto Wolff, belum ada keputusan pasti apakan tim ke 11 bisa hadir di musim 2026 nanti. walaupun demikian banyak fans yang menyambut lebar akan kedatangan tim ke -11, Mclaren dan Alpine juga menjadi dua tim pertama yang menyetujui hadirnya tim ke 11 terutama tim Amerika Andretti. Saat ini sudah ada 4 tim yang mencalonkan diri untuk musim 2026 Andretti Cadillac Racing , Panthera Team Asia, Formula Equal, Hitech Plus-Eight.

RA94




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline