Lihat ke Halaman Asli

DEDE INDRAYANA

GURU di SMPN 1 STABAT

Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran IPA

Diperbarui: 3 Agustus 2023   03:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Latar belakang masalah dari pelaksanaan praktik pembelajaran ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA. Indikator dari rendahnya minat belajar ini diantaranya yaitu :

-Siswa menganggap tidak mampu mengikuti pelajaran IPA karena pelajaran IPA dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan

-Rendahnya minat belajar siswa di pengaruhi oleh   psikologi siswa yg tidak memahami manfaat pendidikan di masa depan serta menganggap IPA sebagai mapel yang sulit karena banyak hitungannya

-Kurangnya perhatian orangtua mengakibatkan orangtua tidak menyadari kesulitan belajar anak

-Proses pembelajaran masih berpusat pada guru

-Guru belum mengupayakan pembelajaran IPA yang aktif dan menyenangkan

Praktik ini baik untuk dibagikan karena :

-Sebagian besar guru mata pelajaran IPA mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, yaitu rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA

-Praktik ini bisa memotivasi diri saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang inovatif dan kreatif

-Praktik ini menjadi motivasi untuk rekan guru lain untuk berbuat yang terbaik untuk peserta didik dan dapat memberikan dampak yang baik hasil belajarnya

-Praktik ini bisa menjadi referensi bagi guru-guru lain untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline