Lihat ke Halaman Asli

Dede Nurul Hidayat

Mahasiswa Biasa

Jangan Baper Ketika Ditanya "Kapan Nikah?

Diperbarui: 30 Maret 2021   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.



Benarkah menikah suatu kewajiban yang jika tidak dilaksanakan akan membuat malu keluarga?

Malam ini, saya mencoba untuk mulai menulis kembali. Setelah beberapa hari ini saya disibukan dengan kegiatan di dunia nyata (sebenarnya sih lagi males nulis aja).

Tengah malam, saya mendapat pesan singkat dari gebetan salah satu teman kontak saya untuk memberikan saran dan kritik atas tulisan yang dibuatnya. 

Mendapat pesan singkat dari orang yang saya suka (maksud saya suka membaca dan menulis), membuat gairah menulis saya kembali bangkit lagi. 

Oke, kesampingkan hal tersebut. Yang membuat saya tertarik ingin menuangkan opini pribadi saya lebih kepada tema tulisan yang diangkatnya (suerrr deh, ini benar-benar karena tema tulisannya bukan karena orangnya. Lagian dia juga sudah punya pacar hikz..hikz.. bercanda aja gaez).

Tema tulisan yang diangkat oleh doi, doi ?? (sudah-sudah fokus!!) yaitu tentang kegundahan hati ketika dihadapkan oleh sebuah pertanyaan "kapan menikah?". 

Nah, kebetulan hal-hal yang berbau nikah-nikah tersebut sudah sering saya jumpai bahkan sudah bosan dibahas ketika saya sedang mengenyam bangku perkuliahan. Bahkan saking bosannya berbicara teori, hingga saya lupa sampai saat ini belum mempraktekannya, oke next..

Disini saya tidak akan berbicara dalil-dalil agama untuk membela kaum jomblo (belum menikah), karena percuma juga para netizen atau teman-teman lucknut yang sering berkeliaran di sekitar kita mulutnya tidak akan bisa dibungkam hanya dengan dalil-dalil belaka. Karena mereka tidak mengerti perasaan kaum jomblo ketika ditanya "kapan menikah?".

Saya akan mencoba menceritakan pengalaman saya, ketika dihadapkan oleh pertanyaan tersebut se-ringan mungkin dan mudah-mudahan bisa difahami oleh para penggosip, yang kerjaannya suka ikut campur urusan pribadi orang bahkan orang yang tidak dikenalnya sekalipun. Mereka ini adalah barisan orang-orang barbar, bahkan lebih barbar dari dari fans garis keras Leslar.

Setiap momen hari raya adalah situasi yang sangat krusial bagi kaum jomblo (belum menikah). Karena pada momen tersebut, seluruh sanak saudara atau kerabat baik yang dekat maupun yang jauh semuanya pada ngumpul. Hal yang paling menakutkan ketika seluruh sanak saudara berkumpul adalah munculnya pertanyaan "Kapan Menikah?".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline