Lihat ke Halaman Asli

DW

Melihat, Mendengar, Merasa dan Mencoba

Anda adalah "Harga" yang Anda Labelkan

Diperbarui: 25 April 2018   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cermati.com

Percayakah anda bahwa didunia ini ada sebuah jam tangan yang harganya lebih dari 11 miliar rupiah?

Apakah ada "orang gila" yang rela mengeluarkan uang demi jam tangan itu? Apa sih bedanya dengan jam tangan lainnya? Apakah jumlah jamnya lebih banyak? apakah menitnya lebih banyak? Tidak.. jam itu sama dengan dengan jam kebanyakan, hanya saja jam itu mempunyai "nilai" yang disebut dengan value.

Setiap orang memiliki persepsi berbeda terhadap value dari sebuah barang, ada kalangan jetset yang melihat value itu sebagai prestige (lifestyle), ada juga kalangan kebanyakan (seperti saya) melihat value itu sebagai harga. Harga atas apa yang kita kita terima dari pekerjaan yang kita lakukan. 

Hal yang sama jika dianalogikan ke diri kita, ya semua dari kita memiliki value, yang sering sekali kita buat value kita seharga "gaji bulanan".

Seorang manager diperusahaan menengah memiliki value sekitar 15 juta perbulan, seorang staff perbankan memiliki value sekitar 8 jutaan sebulan..

Mereka dan saya, datang pagi pulang malam demi mendapatkan value itu. Seolah memang itulah harga kita..

Ironi memang, ketika perusahaan selalu menuntut produktivitas, meminta karyawannya memberikan value dengan alasan kontribusi atas apa yang kita terima, padahal kita tau persis bahwa apa yang akan terima diakhir bulan adalah sebesar apa yang dilabelkan ke kita. Kita tidak kuasa meminta lebih, kita ikuti aturan perusahaan, kita rela memberikan jam kerja yang lebih banyak walaupun (dan selalu) kita tahu tidak akan mengubah pendapatan kita. 

Lalu bagaimana kita keluar dari lingkaran itu? bagaimana kita meningkatkan value kita?

Satu-satunya cara adalah kita yang menetapkan "harga" atas diri kita adalah dengan upaya membangun kapabilitas kita, meng-upgrade diri dengan hal baru, belajar tentang apa yang sedang hit dimarket. Dan aplikasikan dalam pekerjaan, kita berikan ide, masukan, saran agar perusahaan melihat bahwa kita mempunyai value lebih. 

Wah itu semua sudah dilakukan tapi harga kita sama saja, gak naik-naik..

Mungkin ini adalah saatnya anda menantang diri untuk berani keluar dari lingkaran anda, cari tahu apa keterampilan yang anda mampu andalkan untuk mencari penghidupan, apa skill anda yang bisa anda jual.. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline