Lihat ke Halaman Asli

Deddy Husein Suryanto

TERVERIFIKASI

Content Writer

Banyak Pilihan di Lini Sayap Timnas Indonesia, Mana yang Terbaik?

Diperbarui: 14 Desember 2021   04:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Skuad utama di laga perdana tim Indonesia di Piala AFF 2020 (9/12). Sumber: Dokumentasi PSSI/via Kompas.com

Membandingkan generasi skuad dalam suatu timnas adalah pekerjaan sulit dan seringkali disebut tidak relevan. Karena, masing-masing generasi punya kelebihan dan kekurangan sendiri.

Lalu, bagaimana kalau kita fokus saja pada skuad Timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2020?

Kali ini, saya ingin membahas tentang sebuah lini yang sepertinya teramat penting bagi sektor penyerangan tim asuhan Shin Tae-yong. Lini tersebut adalah lini sayap, atau biasa disebut winger.

Winger punya fokus untuk menyerang saja dibanding wing-back yang harus membagi fokus untuk bertahan juga. Di lini ini, skuad Indonesia bisa dikatakan punya cukup banyak pilihan.

Ada Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Yabes Roni, dan Egy Maulana Vikri. Untuk nama terakhir, masih belum bisa bergabung ke tim karena masih memperkuat klubnya, FK Senica.

Kita sementara ini fokus ke empat pemain yang sudah ada di tim. Dari empat pemain tersebut, tiga diantaranya sudah mendapatkan menit bermain di laga perdana Piala AFF 2020.

Witan dan Irfan Jaya memulai laga sejak menit pertama. Ramai tampil di babak kedua menggantikan Irja--panggilan akrab Irfan Jaya.

Berdasarkan laga pertama yang melawan Timnas Kamboja, tiga pemain ini telah menunjukkan kontribusinya. Bukan hanya mampu mencetak gol, tetapi juga dalam membangun serangan dan membantu pertahanan.

Kalau dalam urusan mencetak gol, Ramai telah mencatatkan namanya terlebih dahulu dibanding Witan dan Irja. Namun, dalam urusan membangun pondasi permainan sejak babak pertama, Witan dan Irja memegang peranan penting.

Witan juga malah bermain penuh di laga tersebut, meski menjelang akhir pertandingan sudah terlihat kepayahan. Ini dikarenakan, Witan juga membantu pertahanan ketika Indonesia diserang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline