Lihat ke Halaman Asli

Decky Novandri

Belajar Menulis.

Kisah Singkat nan Pilu Sang Driver Pengantar Makanan

Diperbarui: 14 Januari 2022   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Gambar Ilustrasi: istockphoto.com)

Tulisan yang sangat biasa nan sederhana ini, saya angkat dari kisah seorang teman, sahabat yang menjadi driver pesan antar makan secara online.

Tulisan ini tidak mengkritik mengenai tarif, tidak mengkritik aplikator, dan tidak bermaksud untuk menyudutkan kelompok pemesan makanan secara online, ataupun menganggap semua driver makanan pesan antar secara online itu benar dan semua pemesan tidak dapat memahami cara kerja aplikasi.

Peras keringat, banting tulang. tak peduli teriknya sengat matahari, dan tak peduli dengan hujan yang begitu deras menerpa, belum lagi dengan kebisingan dan kemacetan ibu kota yang teramat menyesakkan hati dan pikiran.

Itulah label yang layak disematkan pada Driver-driver online yang bertahan, dan berjuang untuk hidup di kota metropolitan ini.

Sungguh sangat miris rasanya, ketika sang  driver online mendapatkan pesanan yang nyata, namun dikomplain oleh yang memesan atas dasar kesalahan yang bukan berasal dari Driver tersebut.

misalkan saja, si A yang memesan bakso dan meminta pada resto untuk memberikan alat makan (mangko dan sendok), tentu saja hal ini akan berbeda jika resto tersebut tidak menyediakan alat makan yang dipesan oleh pemesan makanan.

Pada saat itu pula pemesan malahan memberikan penilaian satu bintang untuk sang driver online ini, penilaian satu bintang sangatlah berpengaruh signifikan terhadap rating, kinerja atau performance sang driver sebagai mitra dari aplikator tersebut.

secara kualitatif, informasi yang saya peroleh dari driver online.

ketika secara persentase rating, performance atau kinerja dalam hitungan persen ini, sebelum menerima hadiah satu bintang dari pemesan tersebut, masih berada pada angka 100%, namun akibat dari sang driver mendapatkan penilaian satu bintang dari pemesan, secara otomatis Driver tersebut mengalami penurunan persentase rating, performance atau kinerja kurang lebih 8%.

Itu artinya jumlah persentase driver hanya tersisa 92% saja, sementara untuk mengembalikan persantase rating 100% tersebut, driver online membutuhkan kurang lebih harus mendapatkan minimal 7 orang pemesan yang memberikan masing-masing 5 penilaian bintang, itupun belum tentu dapat naik kembali pada angka 100%, ada kemungkinan masih berada diangka 98%.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline