Lihat ke Halaman Asli

Sebelum Kita Menulis Lebih Jauh, Alangkah Baiknya Kita Tahu Satu Sama Lain

Diperbarui: 7 September 2020   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: bostonglobe.com

Membuat sebuah karya tulis di era digital ini dapat dikatakan sangat mudah, semua orang mampu melakukannya. Namun penelitian yang dilakukan oleh Jakob Nielsen mengindikasikan membaca lewat layar monitor atau pembaca online memiliki presentasi 25% lebih lambat dibandingkan dengan membaca diatas kertas. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin menulis di era digital saat ini:

Jelas, Ringkas, dan Personal

Beberapa tips yang dari jurnalis cetak dapat diterapkan pula ketika kita akan menulis pada era digital ini. Garrand (2008, h. 24) menjelaskan beberapa poin:

  • Akurat, cek kembali fakta yang tertulis dan pastikan anda memahami apa yang anda tulis.
  • Gunakan kalimat awal, perhatikan kalimat awal pada paragraph untuk menjelaskan dengan mudah dan jelas isi dari tulisan anda.
  • Gunakan kalimat aktif, penggunaan kalimat aktif membuat paragraph lebih ringkas dan jelas
  • Deskripsikan kata kerja dan kata benda; hindari kata sifat dan keterangan.
  • Perhatikan pemilihan kata, hindari jargon atau istilah teknis kecuali anda menulis untuk keperluan atau pembaca tertentu

Tips menulis naskah digital menurut ahlinya

Ada beberapa teknik yang unik dalam menulis naskah digital. Adanya beberapa teknik unik tersebut adalah beberapa orang tidak bisa membaca dengan cepat dan nyaman dalam layar monitor entah itu komputer atau smartphone dibandingkan membaca pada tulisan diatas kertas. Beberapa tips para ahli menulis online atau web writing sebagai berikut:

Menulis untuk dipindai

Beberapa pembaca memiliki alasan membaca berita ataupun tulisan online dikarenakan tak memiliki banyak waktu untuk membaca media cetak. Maka dari itu, beberapa orang membaca tulisan online seringkali memindai atau memilah kata kunci yang inin mereka baca. Beberapa cara untuk menarik perhatian pembaca online dalam hal ini sebagai berikut:

  1. Menyoroti kata kunci, memberikan sorotan kata kunci untuk tulisan online mampu membuat pembaca juga lebih cepat menemukan informasi yang ingin mereka dapat.
  2. Makna dalam sub-judul
  3. Memberikan daftar poin, ini membuat pembaca akan lebih mudah mencari poin-poin dalam tulisan, selain itu juga membuat tulisan terkesan rapi sehingga nyaman dibaca
  4. Satu ide per paragraf, pembaca akan melewatkan ide yang lain jika mereka tidak mendapat kata kunci pada kalimat awal paragraf
  5. Model piramida terbalik, piramida terbalik adalah teknik memberikan banyak infromasi di awal paragraph dan memberikan hal-hal umum lainya di akhir paragraf, sehingga pembaca tidak merasa bosan dengan hal umum yang ditulis di awal paragraf
  6. Perhatikan jumlah kata, pembaca memiliki waktu yang tidak banyak ketika mereka membaca tulisan online, maka setidaknya naskah digital tidak bertele-tele seperti naskah konvensional

(Sumber: https://www.nngroup.com/articles/inverted-pyramid/)

Sebuah studi terbaru yang melibatkan banyak akademisi dan praktisi professional mengenai naskah digital dan penulisan online pernah dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (lihat http://www.usability.gov/ untuk informasi lebih lanjut.) Studi tersebut menambahkan beberapa hal yang cukup penting dalam penulisan naskah digital, antara lain;

  1. Ketahui dan tanggapi pembaca anda.
  2. Berikan beranda, halaman navigasi, dan tautan yang membantu pembaca.
  3. Perhatikan tampilan informasi.
  4. Tambahkan label bila perlu

Tantangan untuk menulis ada pada bagaimana membuat pembaca tidak merasa bosan dengan karya yang kita ciptakan. Berikut merupakan beberapa tips menarik yang mungkin bisa membantu anda dalam menulis:

  • Bermain dengan kata.
    Seorang penulis yang hebat akan bermain dengan kata yang mereka gunakan, walaupun topiknya tentang kematian. Pilihlah kata yang biasa digunakan oleh sebagian besar penulis, namun hindari kata yang dimengerti pembaca biasanya. Memberikan makna yang besar dengan satu kalimat adalah salah satu cara bermain kata.
  • Kendalikan tempo
    Tempo dalam tulisan dapat dikendalikan melalui variasi panjang-pendeknya kalimat. Clark (2008) menjelaskan alasan untuk mengendalikan tempo tulisan:
  1. Untuk menyederhanakan sesuatu yang kompleks
  2. Menciptakan ketegangan
  3. Secara emosional agar lebih fokus
  • Kutipan dan dialog
    Menggunakan kutipan dalam tulisan memiliki beberapa manfaat:
  1. Memperlihatkan percakapan
  2. Menjelaskan hal yang penting tentang subjek pada suatu kalimat/tulisan
  3. Membingkai sebuah permasalahan atau memperlihatkan dua situasi berbeda
  4. Memperlihatkan adanya tambahan informasi
  5. Mengungkap karakter atau kepribadian
  6. Menunjukkan apa yang akan terjadi selanjutnya
  • Letakan koin emas dalam setiap paragraf
    Koin emas yang dimaksud disini adalah suatu hal atau informasi yang berharga. Buatlah pembaca agar tetap tertarik dengan adanya hal serupa demikian.
  • Let it flow
    Biarkan semua mengalir, beberapa cara agar kita lebih terbiasa untuk menulis:
  1. Percaya pada diri sendiri, sejenak jangan terlalu banyak berpikir. Biarkan tangan dan jari anda mulai menulis.
  2.  Biasakan menulis tiap hari, pada intinya biasakan untuk menulis daripada menunggu.
  3. Apresiasi diri, setelah mulai terbiasa menulis rutin, berilah sedikit apresiasi untuk diri sendiri; seperti secangkir kopi, atau sekedar mengunjungi tempat wisata.
  4. Buatlah konsep penulisan terlebih dahulu, banyak penulis sering kesulitan ketika menemui banyaknya informasi. Mulailah menulis lebih dulu untuk melihat informasi mana saja yang perlu untuk ditulis.
  5. Perhitungkan semuanya, bagi seorang penulis setiap kata itu berarti. Cobalah untuk menilai tulisan yang telah dibuat oleh diri sendiri lewat kuantitas, bukan kualitas.
  6. Tulis ulang, kualitas yang lebih baik muncul setelah direvisi, bukan lewat kecepatan menulis. Kebiasaan menulis akan memberikan anda waktu dan kesempatan untuk membuat tulisan anda lebih spesial
  7. Perhatikan bahasa, perhatikan kosa kata yang ingin digunakan. Ubahlah kebiasaan kecil seperti ini menjadi sesuatu yang produktif
  8. Buat tempat nyaman untuk menulis, perhatikan ruangan dan tempat anda menulis, buatlah senyaman mungkin
  9. Temukan orang yang mampu mendampingi anda, seorang yang mampu membantu dan mendapingi anda dan memberikan support dan apresiasi atas produktivitas dan usaha kita sangat diperlukan. Terlalu banyak kritikan bisa menjadi suatu beban bagi penulis
  10. Miliki buku harian, memiliki teman seperti buku catatan harian akan melatih anda melestarikan beberapa pengalaman baru.

Menulis akan membawa banyak manfaat bagi hidup anda di masa depan, jadi setelah sudah tau dengan mereka semua, kapan anda mulai kebiasaan menulis?


Sumber :

Clark, Roy Peter. (2008) Writing tools: 55 essential strategies for every writer. Little, Brown Spark; diakses dari https://ayomenulisfisip.files.wordpress.com/2020/08/roy-peter-clark-writing-tools_-55-essential-strategies-for-every-writer-little-brown-andcompany-2008.pdf atau https://ayomenulisfisip.files.wordpress.com/2018/01/50-writing-tools.pdf

Garrand, T. (2006). Writing for multimedia and the Web: a practical guide to content development for interactive media. CRC Press.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline