Lihat ke Halaman Asli

AS Roma 'Antarkan' Pescara Menuju Serie B

Diperbarui: 14 Mei 2017   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

AS Roma berhasil menuai kemenangan saat melawat ke kandang Pescara dengan skor telak 4-1. Hasil ini pun sekaligus meyakinkan Pescara akan terdepak dari kasta tertinggi dan kembali berkompetisi di Serie B musim depan.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Adriatico, Selasa (25/4) dinihari WIB itu, Roma sebenarnya membuat banyak kans. Ketika jeda pergantian babak pun, Roma sudah dalam kondisi memimpin 2-0 berkat gelontoran gol Kevin Strootman dan Radja Nainggolan. Kemudian di paruh kedua, Roma menambah keunggulan mereka lewat brace Mohamed Salah, sementara Pescara cuma dapat membalas satu gol melalui Ahmed Benali, di tujuh menit terakhir pertandingan. 

Jalannya pertandingan sebenarnya memang sudah bisa diprediksi. Tidak ada statistik wah yang diusung Pescara untuk bisa mengejutkan Roma saat berkunjung ke markas mereka. Tim Serigala Ibukota pun langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Mereka sempat menceploskan gol ketika pertandingan baru berjalan dua menit.  Akan tetapi tendangan voli Mohamed Salah hasil umpan dari Edin Dzeko tidak disahkan wasit, karena Salah terlebih dahulu terjerat offside. 

Pescarapernah beberapa kali meneror pertahanan Roma. Namun peluangnya masih tidak terlalu berbahaya. Malah Roma yang tampak terus mengurung pertahanan Pescara. Serangan Roma pada akhirnya membawa dua menit jelang waktu normal babak pertama usai. Di menit ke-43 umpan panjang Paredes jatuh ke kaki El Shaarawy, yang kemudian merangsek ke dalam kotak penalti. El Shaarawy lalu mengoper bola pada Kevin Strootman, yang dengan gampang menyelesaikannya menjadi gol. 

Dua menit berselang, Roma berhasil melipat-gandakan gol mereka, kali ini lewat situasi serangan balik cepat. Salah melakukan penetrasi dari sisi sayap kanan. Operannya tidak dapat dituntaskan langsung oleh Dzeko. Namun Dzeko yang masihlah dapat menguasai bola lalu melepas umpan tarik dan berhasil dikonversi menjadi gol oleh Radja Nainggolan. Gol tersebut sekaligus menutup paruh pertama pertandingan.

Dibabak kedua, gebrakan Roma sangat mengejutkan tim tuan rumah. Tigamenit sesudah sepak mula babak kedua diawali, Roma berhasil menambah pundi-pundi gol mereka. Salah melepas tendangan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti yang langsung menghujam sudut kiri bawah gawang Pescara tanpa dapat diantisipasi oleh kiper Fiorillo. 

Telah memimpin tiga gol tidak lantas membuat Roma bersantai dan mengendurkan serangan. Mereka masih terus berusaha bagi menambah jumlah gol lewat beberapa peluang. Tapi Pescara bukanlah bermain tanpa bisa membuat kans. Tim tuan rumah malah hampir menceploskan gol utnuk memperkecil kedudukan. Namun tembakan Bahebeck yang mengenai penggawa Roma masih berbelok ke samping gawang.

Memanfaatkan kelengahan para pemain Pescara, Roma berhasil kembali memperlebar jarak di menit ke-60. Lagi-lagi lewat sebuah skema serangan balik yang ciamik, Salah kembali menorehkan namanya di papan skor sesudah bola operan dari El Shaarawy dituntaskannya secara sempurna. 

Walau degradasi sudah di depan mata, tapi Pescara sama sekali tidak menyerah. Hal itu dapat dibuktikan dengan tembakan melengkung Gianluca Caprari, yang memaksa Wojciech Szczesny harus melakukan penyelamatan. Pada akhirnya, serangan Pescara berbuah hasil di menitke-83. Umpan Ledian Memushaj berhasil dituntaskan oleh Ahmad Benali,yang kali ini luput dari penjagaan bek Serigala Ibukota. 

Satu gol terakhir hampir diceploskan Pescara di akhir laga, namun tendangan bebas Cristiano Biraghi hanya mengenai tiang gawang. Peluit panjang pun dibunyikan dan pertandingan ditutup dengan kemenangan telak AS Roma. Pescara pun mesti menyudahi perjalanan Pescara di Serie A, karena dari hitungan matematis dilansir 12bet, mereka sudah dipastikan bakal terdegradasi ke Serie B.

Sementara itu AS Roma masih cukup nyaman di peringkat kedua papan klasemen dengan menyatukan 75 angka. Mereka pun memperlebar gap dengan Napolijadi empat angka, karena Partenopei di partai sebelumnya hanya meraih satu angka atas Sassuolo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline