Lihat ke Halaman Asli

DEA ZALFA CAHYLA ADI

UNIVERSITAS AIRLANGGA

Radiologi? Jurusan Langka tapi Prospek Kerjanya Tinggi

Diperbarui: 3 Juli 2022   20:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa sih radiologi ituuu???

Menurut wikipedia, radiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan implementasi radiasi gelombang. 

Teknologi radiologi yang digunakan untuk memindai kondisi tubuh manusia biasanya menggunakan radiasi sinar-X. Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kini tidak hanya lagi menggunakan sinar-X tetapi menggunakan ultrasonik (MRI & USG).

Jurusan radiologi di Indonesia hanya ada di 19 perguruan tinggi yaitu polkemar, uii, ui,ugm, unair dll. Jurusan ini masih sangat jarang diminati oleh khalayak umum karena kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa jurusan ini bisa menyebabkan kemandulan bagi pekerjanya. Selain itu, masyarakat banyak yang belum memahami radiologi bergerak di bidang apa. Padahal jurusan ini memiliki prospek yang sangat baik. 

Contohnya ketika kita mengalami patah tulang tanpa bantuan dari pemeriksaan radiologi kita tidak akan tau letak pasti patah tulang itu dimana. Sangat bermanfaat bukan jurusan inii….

Keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan radiologi ini yaitu tenaga ahli radiologi masih sangat dibutuhkan di Indonesia sehingga prospek kerja di jurusan ini masih sangat banyak. 

Prospek kerja radiologi ini ada Radiografer, Ahli terapis radiologi, Ahli teknologi pengobatan nuklir, Radiodiagnostik, Radioforensik dan Radioterapi. Tentunya untuk menjadi ahli pada bidang radiologi ini pasti memerluhkan ujian sebagai syarat mendapatkan surat perizinan kerja dan surat tanda kerja.

Disetiap jurusan pasti mempunyai resiko masing-masing. Tapi pasti ada cara untuk menghindari dan mengurangi resiko tersebut. Di radiologi sendiri keamanannya sangat diperhatikan. 

Nahh keamanan ini biasa disebut dengan proteksi radiasi. Eitsss jangan negatif thinking dulu yaa, proteksi radiasi ini bukan hanya bagi pekerja radiologi, tapii jugaa untuk pasiennya. Bahkan keamanan lingkungan sekitar juga sangat diperhatikan. Keamanan bidang radiologi jugaa ada peraturan tertulisnya lho…


Semogaa artikel ini bisa bermanfaat yaa, buat menambah wawasan tentang jurusan radiologii…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline