Lihat ke Halaman Asli

Amalia_Deayu_Tiara

Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN-T UPI 2023 Gelar Perlombaan dan Cek Kesehatan Gratis dalam Memperingati HUT-RI ke-78

Diperbarui: 22 Agustus 2023   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN- T Kelompok 1 Kampus Daerah UPI Sumedang 2023. Dokpri

Dalam rangka memperingati HUT-RI ke-78, Kelompok KKN Tematik UPI 2023 ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan menggelar berbagai perlombaan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan  ini berlangsung pada tanggal 19-20 Agustus 2023 di RW 04, Dusun Pasir Amis, Desa Margamukti, Sumedang Utara. Kegiatan dilakukan dengan kolaborasi antara beberapa pihak yaitu tokoh masyarakat, pemuda pemudi setempat, Puskesmas Situ, mahasiswa KKN dan tentunya seluruh warga yang ikut andil dalam memeriahkan acara tersebut.

Sebagai panitia, mahasiswa KKN membagi perlombaan menjadi beberapa kategori yaitu anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Pada hari pertama, perlombaan ditujukan untuk kalangan anak-anak seperti lomba makan kerupuk, lomba paku botol, lomba kelereng, lomba memasukkan benang ke jarum, dan lomba mengambil koin. Di tengah meriahnya acara perlombaan yang sedang berlangsung, terdapat pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga yang dilakukan oleh mahasiswa KKN jurusan keperawatan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa cek tekanan darah, gula darah, asam urat, kolestrol serta pengukuran antropometri . Masyarakat juga mendapatkan konseling secara langsung terkait penanggulangan penyakit seperti hipertensi, diabetes, asam urat, dan kolestrol.

Di hari berikutnya, perlombaan ditujukan untuk kategori dewasa dan orang tua. Jenis perlombaan yang dilakukan di antaranya yaitu lomba goyang tomat, lomba estafet sarung, lomba estafet air, lomba lipat koran, dan berbagai macam lomba lainnya. Setelah perlombaan selesai dilaksanakan, ditutup dengan pembagian hadiah untuk para pemenang. Tidak hanya itu, kemeriahan ini masih berlanjut sampai malam hari sebagai puncak acara HUT RI Ke-78. Malam puncak ini diisi oleh berbagai penampilan menarik dari warga RW 04 seperti tari kreasi, tari umbul-umbul, rampak sekar, kesenian calung, serta dimeriahkan juga oleh pelawak terkenal bernama Mang Acay.

Pelaksanaan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI mendapatkan respon positif dari berbagai pihak dikarenakan momen ini selalu dinantikan setiap tahunnya. Ditambah lagi sejak pandemi COVID-19 yang terjadi pada tiga tahun ke belakang kegiatan seperti ini tidak diselenggarakan. Maka tidak heran jika antusias warga dalam memeriahkan perlombaan sangat tinggi, baik dalam mengikuti lomba maupun mendukung peserta lomba. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kerukunan, kekompakan dan kebersamaan serta menyebarkan kebahagian di Dusun Pasir Amis sehingga tercipta lingkungan yang harmonis.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline