Lihat ke Halaman Asli

"Newbie Backpacker", Tips Cantik

Diperbarui: 13 November 2017   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hi guys, sorry ya baru sempet nulis, maklum sibuk hahahaa...

So, to the point ajah, kenapa musti traveling?

  1. Karena butuh refreshing, sekedar lari dari penatnya pekerjaan atau mantan hahaha
  2. Biar kamu lihat dunia, bahwa dunia itu luas dan harus kamu jelajah supaya kamu paham dan lebih bisa melihat "sesuatu" dari beragam sudut pandang atau istilahnya open minded
  3. Biar kamu tahu tentang jati diri kamu sendiri (bagaimana kamu memanage uang, barang, merangkai strategi dan banyak hal)
  4. Karena traveling is my cardio, maklum gak pernah olahraga hahahha, olahraganya kalo pas traveling aja alias kepepet wkwkwk

Tipe traveling mana kamu?

  • Traveling cantik (kemana-mana bawa topi bulat lebar sampai menutupi mata) dan bawa koper
  • Backpacker dengan ransel yang sok heboh macam naik gunung atau hanya pake 1 ransel daypack dan gak pernah ganti baju hahahaha (laundry kalii)
  • Atau apa ya?

 So, apa yang musti kamu siapin, for newbie backpackerdiantaranya :

  1. Tekad kuat, niat tulus dan think positif yess
    1. Poinnya adalah gausah banyak tanya, gausah banyak mikir nanti musti gimana-gimanu yang penting siap, udah itu ajah! Soalnya kalo banyak mikir, yakin gak bakal jadi deh.... trust me! Haha
  2. Paspor yang masih berlaku, kamu bisa bikin, dan ada dua pilihan :
    1. 24 halaman seharga IDR. 155.000
    2. 48 halaman seharga IDR. 355.000

Jika kamu tidak terlalu sering bebergian akan lebih baik jika memilih yang 24 hal, selain efisien juga efektif hehe...

Oiya untuk saat ini, untuk wilayah Jawa Barat (karena saya tinggal di Bandung) paspor konvensional hanya bisa dibikin di 3 (tiga) kota, yaitu Tasikmalaya, Cirebon dan Sukabumi... kenapa? karena mereka masih tercatat sebagai kantor imigrasi kelas 1 alias belum kelas II seperti yang lain (alias belum naik kelas wkwkwkw *becanda loh ya)... tetapi kabarnya per Desember 2017 nanti, 3 (tiga) kota tersebut juga akan online seperti sebagaimana ketentuan Ditjen Imigrasi (kalo online minimal daftar itu 3 minggu sebelumnya), setidaknya untuk saat ini 3 (tiga) kota tersebut masih proses dan sangat membantu bagi yang sudah terlanjur beli tiket, namun paspor habis masa berlakunya atau sama sekali belum bikin.

Masa proses pembuatan hanya 3 (tiga) hari saja, dengan catatan begini, di hari pertama setelah kamu melakukan semua proses dari mulai isi form, melengkapi data, rekam foto biometrik, kemudian kamu mendapatkan surat permohonan membayar biaya pembuatan paspor, kamu langsung bayar hari itu juga di Bank yang ditunjuk atau di Bank keliling yang ada di kantor Imigrasi (jangan lupa form membayar dan kuitansi membayar disimpan untuk mengambil paspor nanti), jika sudah membayar dengan otomatis pihak bank akan mengkonfirmasi ke kantor imigrasi, jadi kamu tidak perlu repot-repot konfirmasi ya. Jadi jangan menunda ya, takutnya baru bayar pas hari ketiga pas disuruh ambil, ya makin mundur deh hehe...

Tiket pp

  • Cari tiket promo, pantengin Air Asia (transit Malaysia), Tiger Air atau Scoot (transit Singapore), Nok Air (transit Bangkok)
  • ...bisa via traveloka atau airasia
  • Kenapa traveloka? Karena lagi hits untuk saat ini, dia kasih harga miring diantara yang lain dan harga fix dari awal, gak pake lagi ppn.

Akomodasi dan uang saku

  • Ada baiknya kalkulasi diawal, boleh lah hitungan kasar ya (contoh di singapore)....
    • untuk sekali makan di spore nasi ayam sayur sambal itu sekitar 4,5 -- 5 dollar singapore/dolsing (saat ini 1 dolsing = 9.900 rupiah) jadi kisaran 40.000 -- 50.000 dan untuk minuman, air mineral itu mulai dari 1,5 dolsing. Jadi sekali makan bisa 60.000 - 70.000 ...tapi sebenarnya ada sih yang harga 3 dolsing gitu cuma mengandung babi (mohon maaf untuk saya gak bisa hehe)
    • untuk hostel atau menginap dengan 1 bed/dormitory bisa female only atau mix itu kalau di singapore minimal mulai dari IDR. 120.000 ...Kenapa gak hotel? Mahal boo ...singapore paling mahal untuk urusan ini dibanding negara asia lain. Untuk harga mulai IDR. 120.000 aja kamu harus pesan jauh-jauh hari, kalau go show alamak bisa mulai dari IDR. 180.000 hehe... kamu bisa pake situs online buat beli tiket hostel, misal travel***(biasanya harga lebih miring dibanding dengan situs lain, namun ada sesekali lebih mahal dibanding situs lain dengan tempat yang sama) cuma dia harus bayar di awal dan jika kita batal pergi tidak bisa di refund. Berbeda dengan booking (harga jauh lebih tinggi sedikit, namun kelebihannya bisa pesan tanpa uang muka dan menggunakan jaminan dengan hanya kartu debit, dan bisa di cancel gratis sesuai ketentuan) oiya di tempat menginap tertentu menerapkan deposito, jadi bawa uang lebih ya... seandainya kamu gak bawa uang lebih, kamu bisa sedikit akting macam begini :
      • bilang saja kalau kamu hanya satu malam, uang kamu mepet hanya cukup untuk makan, minum dan transport sembari kasih liat beberapa lembar dan muka memelas (dijamin kamu langsung di cap "kere") wkwkwkwkkw ...belom selesai ya, lalu kamu bilang yaudah tahan saja paspor saya dengan catatan saya minta noted (biar gak lupa). Dijamin manjur hahahhaa
    • Ada baiknya tukar uang di Indonesia saja, biasanya lebih murah, contoh kalau Bandung bisa di GMC tapi harus datang pagi-pagi dan antri, tapi harga dijamin oks! Namun jika sibuk, bebaslah dimana aja, asal jangan di bandara Soekarno Hatta (rasanya kok mahal ya). Jangan juga ambil di ATM di luar negeri jika gamau kena charge, lumayan soalnya hampir 90-100ribu lah, kalo tukar di exchange luar negeri selisihnya bisa 40ribu an, lumayan kan :D. Kecuali kamu punya ATM yang sama di negara tujuan; misal Malaysia dia pake CIMB Niaga atau Singapore, dia pake Bank DBS (jadi gak akan kepotong) atau HSBC. Tapi kalo kepepetnya kamu harus tukar di bandara Malaysia misal, pilih yang Bank CIMB dibanding exchange lainnya. Tetapi tetap bawa cadangan rupiah ya guys, buat jaga-jaga.

Ubo rampe

  • Kalo kamu gak kuat bawa ransel ada baiknya pake koper dengan roda 4, jadi memudahkan kamu untuk jalan cepat, tapi ingat Air Asia hanya memberi bagasi tidak lebih dari 7kg, so pinter-pinter ya :)
  • Ada baiknya bawa dompet yang banyak anakannya, soalnya bisa memisahkan antara uang satu dan lainnya biar tidak tercampur, khusus receh bawa dompet kecil bisa. Sebar uang dibeberapa titik, jangan hanya disatu titik, antisipasi jika terjadi sesuatu.
  • Bawa botol kosong (kalo di spore ini sangat berguna, karena air minum disana mahal dan bisa isi ulang diarea tertentu yang menyediakan air minum gratis) misal kamu benar-benar menghemat bajet hehe, tapi kalo kamu kaya ya gak perlu wkwkwkw
  • Jika hanya singgah 1 atau 2 malam, gak perlu beli simcard, namun cukup cari wifi gratisan (cuma ada beberapa wifi yang aslinya gak pake password tapi hanya bisa terkoneksi oleh iPhone saja, ini asli kezel dah)
  • Kacamata dan sunblock biar keceh dan tetap cantik... kulitnya hahahhaa
  • Tisu basah or kering (antisipasi kalo toilet yang kamu kunjungi ternyata toilet kering, padahal kamu gak biasa hahahha mampus gak tuh)
  • Sepatu yang keceh, rekomen yang bermerk, karena begini... kita bakal jalan dan itu jauh (kecuali kamu naik taxi mulu, ya kaliii) jadi sepatu ini sangat membantu keberlangsungan trip kamu, kalo kamu pake sandal atau sepatu ala-ala lalu sakit dan besoknya gak bisa trip, malah tidur kan rugiii...
  • Tas daypack atau tas kecil buat daily
  • Kamera (bebas lah, sesuai passion kamu, jika kamu merasa fotografer beken ya bawa kamera DSLR dll)

Segitu dulu ya, semoga bermanfaat ;)

Happy moving guys ;)

Aya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline