Lihat ke Halaman Asli

Dea Sembiring

Mahasiswa

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Pelaku UMKM Lakukan Branding dengan Desain Logo dan Kemasan Eco-Frieindly

Diperbarui: 6 Februari 2023   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Minggarharjo, (01 Februari 2023) Di Desa minggarharjo terdapat salah satu UMKM Rengginang yang berada di Dusun Minggar. Setelah melakukan survey ke usaha rengginang ada beberapa kendala. Permasalahan yang dihadapi yakni pemasaran produk yang kurang optimal. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan dan adaptasi terhadap IPTEK  (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dikalangan para pelaku UMKM. Dengan sistem KKN berbasis pemberdayaan masyarakat mahasiswa langsung memberikan materi dan pelatihan sebagai solusi dari  permasalahan tersebut. salah satunya adalah branding Produk UMKM yang masih kurang.

Dalam merealisasikan Branding Produk UMKM Rengginang ini, Mahasiswa KKN mencoba memberikan pelatihan penggunaan canva untuk membuat desain sticker untuk keterangan label nantinya yang akan dicetak dan ditempel pada kemasan sebagai pembuatan identitas usaha Rengginang. Logo Sticker bukan sekedar gambar yang akan ditempelkan di kemasan melainkan gambaran atau persepsi dan asosiasi orang saat mendengar nama usaha ataupun produk. 

Dokpri

Penggunaan kemasan juga dirubah menjadi kotak kardus yang sebelumnya menggunakan plastic, penggunaan kotak kardus dipilih karena memiliki sifat fleksibel dan lebih ramah lingkungan. Maka dari itu, Mahasiswa KKN mengajak pelaku UMKM Rengginang untuk beralih menggunakan kemasan Eco-Frendly yang memiliki masa terurai lebih singkat dibandingkan dengan kemasan plastic. Selain itu, kemasan Eco-Frendly dapat memberikan image yang unik dari produk sehingga produk yang dijual akan jauh lebih unggul dari segi desain dan menambah kepercayaan konsumen melalui kualitas produk dan dari kemasan yang digunakan.

Dokpri

Selain itu, mahasiswa KKN juga membantu  UMKM Rengginang untuk memperluas pasar dengan memasukan produknya ke salah satu Marketplace yaitu Tokopedia. Dengan kemasan yang menarik dan dijual di Marketplace harapannya produk Rengginang bisa diminati oleh masyarakat Wonogiri dan  diluar Kota dalam meningkatkan penjualan UMKM Rengginang Putri Rejeki Minggar.

Penulis : Dea Marselly Br Brahmana (40011319650062), Sekolah Vokasi- Manajemen dan Adm.Logistik

DPL : Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D., Yuli Prasetyo Adhi SH., M.Kn., dan Rosa Amalia., S.pi., M.Si

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline