Lihat ke Halaman Asli

Marintan Irecky

TERVERIFIKASI

ENG - IND Subtitler and Interpreter

Rencana Saya Mempromosikan Touch Korea Tour

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1335686357573507496

[caption id="attachment_184969" align="aligncenter" width="390" caption="Promosi lewat media sosial (sumber: synchcoretech.com)"][/caption]

Terpilih sebagai wakil dari Indonesia untuk jalan-jalan ke Korea Selatan bersama 2PM dan Miss A pasti luar biasa menyenangkan. Semua orang ingin sekali mendapatkan kesempatan ini, sayangnya hanya satu orang yang beruntung terpilih. Karena itu, siapapun yang terpilih bertugas untuk mempromosikan kegiatan Touch Korea Tour yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization ini agar semakin banyak orang Indonesia yang ingin berwisata ke negeri ginseng tersebut.

Bila saya yang terpilih sebagai pemenang, inilah yang akan saya lakukan untuk mempromosikan kegiatan Touch Korea Tour.

1. Mempromosikan lewat Facebook

[caption id="attachment_184965" align="aligncenter" width="496" caption="Facebook (sumber: The Telegraph UK)"]

1335685903925136902

[/caption]

Dengan tagline “Facebook helps you connect and share with the people in your life” (Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam hidup Anda) website media sosial yang mulai online sejak tahun 2004 ini hampir tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Setiap kali membuka akun Facebook, News Feed penuh berisi dengan status, foto, video, maupun note terbaru yang dibuat oleh teman-teman kita.

Berbagi dengan teman-teman Facebook tentang Touch Korea Tour sangat efektif karena mereka bisa mengklik apa yang kita share dan melihat atau membacanya. Bila mereka menyukai wall post kita, maka mereka akan memberi like, komentar, atau bahkan share kepada teman-teman di akun Facebook personal mereka. Saat ini saya memiliki 1.641 teman di akun Facebook dengan komposisi 80 persen di antaranya merupakan teman-teman yang saya kenal secara dekat atau pernah bertemu. Adanya cerita, foto, status maupun info yang saya bagi melalui Facebook akan membuat teman-teman saya tertarik. Saya percaya bila sebuah info atau rekomendasi dibagikan oleh orang yang dikenal secara akrab tentu akan lebih besar pengaruhnya.

Selain berbagi dengan teman-teman di akun Facebook personal, saya juga akan membagikan link postingan saya di akun, grup, maupun fan page Facebook penggemar budaya Korea dan KPop. Ada beberapa akun Facebook yang memiliki basis fans dan friends yang kuat di antaranya Korea Tourism Organization (Indonesia), Korean Cultural Center Indonesia, KBS World Radio Indonesian, Talk To Me In Korean Indonesia, ASEAN – Korea Centre, Korea Clickers, Belajar Bahasa Korea, dan tentu saja Say A (Miss A) Indonesia dan Hottest Indonesia. Semua akun tersebut memiliki ribuan teman dan penggemar, sehingga berbagi postingan blog, foto, maupun info tentang Touch Korea Tour kepada akun-akun tersebut akan membantu promosi wisata Korea Selatan lebih luas lagi.

2. Mempromosikan lewat Twitter

1335685983135276621

Membuat status lewat Twitter dibatasi oleh 140 karakter karenanya dalam berbagi status atau foto, kita harus pandai dalam menghitung sisa karakter agar twit bisa dibaca utuh oleh followers. Meski terbatas karakternya, Twitter merupakan media sosial yang sangat efektif dalam menjaring informasi yang sedang ramai dibicarakan (dikenal dengan istilah trending topic). Indonesia sebagai negara pengguna Twitter terbesar ke-tiga di seluruh dunia sudah berkali-kali membuat trending topic worldwide melalui situs berlambang burung biru ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline