Lihat ke Halaman Asli

Dean Wahyu

Work, Travel, Desain, and Photography

Andre Sarwono Bagikan Tips Jadi Food Blogger untuk Pemula

Diperbarui: 25 April 2022   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : instagram.com/makanterusss/

Food Blogger merupakan sebuah profesi yang banyak diminati orang di masa sekarang. Sebab seorang food blogger dapat mengunjungi berbagai tempat berbeda dan mengekplorasinya. Tidak hanya sekedar berkunjung ke sejumlah daerah, profesi ini membuat seseorang dapat mencicipin berbagai kuliner yang belum pernah dirasakan atau ketahui sebelumnya.

Untuk menjadi seorang food blogger memang awalnya tidak mudah, apalagi jika tidak membekali diri dengan pengetahuan apapun. Langkah paling sederhana untuk menjadi food blogger sukses adalah mengikuti tips dan trik dari food blogger yang sudah ada. 

Sebab sekarang ini banyak sekali food blogger yang membagian cara membuat konten yang menarik. Satu di antara food blogger yang sering membagikan kiatnya adalah, Andre Sarwono.

Andre Sarwono sendiri adalah sosok di balik akun Instagram @makanterusss. Pria kelahiran Samarinda ini sudah terjun menjadi food blogger sejak tahun 2015 lalu. Karena kekonsistenan konten lulusan Ilmu Komunikasi Binus University ini, jumlah followers akun Instagram @makanterusss sudah menyentuh angka 2.1 juta.

 Untuk mendapatkan jumlah followers sebanyak itu, tentu bukan perkara mudah. Lalu apa rahasia Andre Sarwono agar pengguna Instagram tertarik dengan berbagai konten yang di akun @makanterusss?

Dalam wawancaranya, Andre Sarwono memberikan saran kepada food blogger pemula agar konsisten saat membagikan konten. Selain itu, pria berkacamata ini menegaskan agar lebih percaya diri dan menjadi diri sendiri.

 Untuk proses pengambilan foto maupun video, Andre menyarankan  agar dipersiapkan dengan matang dan tidak boleh sembarangan. Karena seorang food blogger harus menyampaikan gambaran rasa lewat gambar dan video.

"Beberapa saran saya adalah konsisten, menjadi diri sendiri, mengambil foto atau video yang menarik dan menggambarkan kuliner tersebut dengan jelas. Satu lagi jangan mudah menyerah, karena semua itu butuh proses," terang pemilik nama lengkap Sarwono, Yeremia Andrenikus Dinata tersebut.

Selain visual makanan yang menarik, seorang food blogger juga dituntut untuk memberikan informasi seputar konten yang dibuat. Hal ini dilakukan agar konten tidak membosankan dan lebih informatif bagi followers. Perhitungan komposisi gambar ketika membuat konten menjadi poin yang tidak boleh dilupakan oleh seorang food blogger.

"Perhatikan komposisi pengambilan gambar dan video, jangan asal foto. Penyampaian informasi harus atraktif tapi tetap sesuai dengan karakter diri sendiri. Jangan meniru gaya orang lain. Jadilah diri sendiri karena tiap individu memiliki karakter dan gayanya masing-masing," lanjut Andre.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline