Lihat ke Halaman Asli

Dean Wahyu

Work, Travel, Desain, and Photography

Fakta Unik Burung LoveBird yang Wajib Kamu Ketahui

Diperbarui: 12 Maret 2022   09:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Kompas.com

Lovebird menjadi salah satu spesies burung yang banyak dipelihara manusia. Selain karena warna bulunya yang cantik dan cerdas, ukuran burung Lovebird yang kecil menjadikannya sangat lucu untuk dipelihara.

Nah untuk anda yang kebetulan memeilihara burung Lovebird di rumah, yuk simak beberapa fakta unik dari burung cantik tersebut yang perlu anda ketahui, diantaranya :

1. Lovebird Tidak Bisa Tiru Suara Manusia

Meski Lovebird ini masuk dalam keluarga burung Beo, uniknya hewan ini tidak memiliki kemampuan untuk menirukan setiap ucapan manusia. Hal ini dikarenakan, Lovebird bukanlah termasuk kedalam ras burung berbicara.

Hal tersebut kerena burung Lovebird jarang sekali untuk berbicara, dan mereka lebih suka menirukan suara yang sederhana, seperti suara bel pintu, peluit, maupun microwive.

2. Lovebird Punya Beberapa Jenis

Taukah anda jika burung Lovebird ini memiliki beberapa jenis dialam liar? Dan hal itu pun ternyata juga berpengaruh pada harga burung tersebut. Dikutip dari laman Kompas, jika ada 9 jenis burung Lovebird yang masing-masing memiliki ciri khas masing-masing.

Beberapa jenis burung Lovebird ini diantaranya adalah Lovebird bertopeng, Lovebird Fischer, Lovebird Nyasa, Lovebird Swindern, Lovebird pipi hitam, Lovebird wajah merah, Lovebird Madagaskar, Lovebird Abyssinian,  dan Lovebird persik.

Yang paling populer dari jenis diatas adalah Lovebird berwajah persik, dan karena alasan tersebut membuatnya memiliki nilai tertinggi dalam daftar harga burung Lovebird.

Sumber : Jalaksuren.com

3. Lovebird merupakan Burung Beo Paling Kecil

Lovebird menjadi keluarga burung Beo terkecil, dimana rata-rata ukuran mereka ketika dewasa adalah 12 -- 17 cm saja. Meskipun begitu, hal ini justru menjadikan burung Lovebird lebih populer dibandingkan saudaranya yang memiliki ukuran lebih besar.

4. Lovebird Tak Harus Berpasangan

Banyak opini yang beredar jika untuk memilihara Lovebird haruslah sepasang, karena nantinya mereka bakalan depresi dan mati. Nah sebagai konsekuensinya, kalian harus meluangkan waktu untuk bermain dan bersosialiasi burung peliharaan anda agar tidak kesepian.

5. Lovebird Adalah Burung Aktif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline