Lihat ke Halaman Asli

Dea Nur Eriza

Mahasiswa Manajemen IPB

Maksimalkan Hasil Panen Komoditas Wortel di Desa Tuwel, Mahasiswa KKN-T IPB Ciptakan Inovasi Produk Olahan Wortel

Diperbarui: 8 Agustus 2022   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil inovasi produk olahan wortel berupa permen Gummy Bear dan Paper Soap oleh Mahasiswa KKN-T IPB. Dokpri

Sebagai Desa yang berada di ketinggian 600 mdpl, Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal merupakan daerah dengan komoditas pertanian yang bervariasi mulai dari bawang putih, bawang merah, kentang, cabai, seledri, kembang kol, dan wortel. 

Komoditas wortel termasuk salah satu komoditas pertanian dengan hasil panen yang cukup tinggi di Desa Tuwel. Bapak Ahmad, yang merupakan salah satu petani wortel Desa Tuwel, menyampaikan bahwa hasil panen wortel di Desa Tuwel mencapai 1 ton sekali panen. 

Pak Ahmad juga menyampaikan bahwa hasil panen wortel biasanya didistribusikan langsung ke pasar dengan harga standar yaitu sebesar 5 ribu rupiah. Namun hasil panen tidak langsung dijual melainkan melalui proses penyortiran terlebih dahulu. 

Wortel dengan kualitas yang kurang baik akan dijual dengan harga yang lebih rendah "semua hasil panen yang sudah ada ini nanti disortir lagi yang bagus-bagus. Tapi untuk wortel yang kecil tidak disortir. 

Semua wortel didistribusikan ke pasar-pasar. Harganya standar 5 ribu perak. Biasanya sekali ngambil itu bisa 1 Ton" ujar Pak Ahmad pada Sabtu (30/07/2022). Selain dapat dijual langsung sebagai produk mentah, produk pertanian juga dapat diolah menjadi produk jadi atau olahan yang telah memiliki nilai tambah dan biasanya dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Proses wawancara petani wortel Desa Tuwel, Sabtu (30/07/2022). Dokpri

Sayangnya komoditas pertanian di Desa Tuwel, termasuk wortel, biasanya dijual langsung dalam bentuk produk mentah ke pasar. Jarang sekali komoditas pertanian yang telah dipanen diolah lagi menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah, apalagi komoditas wortel. 

Hasil panen wortel yang melimpah di Desa Tuwel belum pernah dimanfaatkan untuk diolah kembali menjadi suatu produk jadi. Oleh karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan dengan membuat inovasi produk olahan wortel seperti yang telah dilakukan oleh Mahasiswa KKN-T IPB di Desa Tuwel. 

Untuk dapat memaksimalkan hasil panen wortel serta menambah nilai jual dari wortel, Mahasiswa KKN-T IPB Desa Tuwel membuat suatu inovasi berupa permen jelly yang disebut Gummy Bear dan juga sabun cuci tangan kertas atau Paper Soap yang terbuat dari wortel.

Menurut Lidiyawati R, et.al (2013) wortel kaya akan kandungan vitamin A serta memiliki kandungan vitamin lain seperti vitamin B dan E. Kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. 

Selain itu bahan utama lain dari wortel yaitu Beta-karoten yang salah satu manfaatnya dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan gizi yang dimiliki oleh wortel baik apabila dikonsumsi apalagi oleh anak kecil. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline