Lihat ke Halaman Asli

Dean Ruwayari

TERVERIFIKASI

Geopolitics Enthusiast

Masuki Hari-11, Akankah Perang Ukraina Mencetus Perang Dunia III?

Diperbarui: 13 Maret 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil pemungutan suara resolusi mengenai Ukraina ditampilkan dalam rapat darurat Majelis Umum PBB dimarkas besarPBB, Rabu, 2 Maret 2022 (Seth Wenig/KOMPAS)

Perang Putin vs Rusia telah memasuki hari ke-10. Berikut rekap singkat kejadian minggu lalu.

Senin minggu lalu Rusia mengurung Ukraine. Kiev mengajukan diri untuk bergabung dengan Uni Eropa. 

Selasa, konvoi Rusia berkumpul di luar Kiev presiden Ukraina. Zelensky meminta barat untuk memberlakukan zona larangan terbang bagi pesawat tempur Rusia. 

Rabu, Rusia mengatakan Kherson telah jatuh ke Kremlin. Serangan terhadap Kharkiv menghancurkan gedung konsulat Slovenia. Stockholm menuduh Rusia melanggar wilayah udara Swedia. 141 negara memilih melawan Rusia di PBB (Persatuan Bangsa-bangsa). 

Kamis, Rusia membombardir Ukraina. Ledakan besar melanda Kiev. PBB mengatakan lebih dari satu juta orang telah mengungsi meninggalkan Ukraina menuju ke Polandia, Rumania, Jerman, Slovakia, Rusia, dan Belarus.

Jika dicermati, terdapat pola pada invasi Putin. Setiap hari perang ini menjadi lebih besar, dari hari ke hari perang ini menarik lebih banyak keterlibatan negara lain. Inilah yang membuat banyak orang khawatir kalau Putin telah memulai Perang Dunia III. 

Orang-orang mulai bertanya: apakah ini akan menjadi Perang Dunia III? Atau apakah PD III sedang berlansung sekarang dan telah dimulai semenjak hari pertama Putin menginvasi Ukraina?

Salah satu media berita Inggris Express punya halaman resmi tentang perang dunia ketiga. Saat ini, halaman tersebut dibanjiri dengan berita dari Ukraina.

Di benua lain, seorang politisi Afrika Adamu Garba mengatakan bahwa benuanya membutuhkan Perang Dunia III. Kata Garba, perang tersebut akan berdampak baik untuk Afrika. What? iya, saya juga kaget jadi jangan tanya saya alasan logisnya.

Mantan wakil presiden AS Dan Quayle baru-baru ini mengatakan bahwa dunia di ambang PD III. Ahli geopolitik AS percaya kita sedang berada dalam PD III.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline