Lihat ke Halaman Asli

Dean Ruwayari

TERVERIFIKASI

Geopolitics Enthusiast

Menilik 5 Skenario Militer Jika Rusia Serang Ukraina

Diperbarui: 12 Februari 2022   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara setelah pembicaraan dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban di Moskow (Sumber: Reuters)

Pembicaraan tentang Ukraina minggu ini terfokus pada diplomasi di beberapa ibukota negara yang terlibat konflik Rusia-Ukraina.

Baca juga: Konflik Rusia-Ukraina: Putin Kutip Humor Pemerkosaan, Macron Jadi Broker, Scholz Masih Abu-abu

Sekarang mari kita melihat ke wilayah panas sesungguhnya, wilayah yang kemungkinan akan menjadi medan perang di perbatasan Ukraina. Bagaimana hitung-hitungannya di sana? Jika Putin ingin menyerang, bagaimana jenderalnya melakukan penyerangan?

Seperti jenderal yang baik, saatnya untuk melihat peta sebaran militer yang digambarkan media. 

Peta berikut ini memberitahu bagaimana Ukraina dikelilingi oleh pasukan, senjata, dan perlengkapan militer. 

Peta Sebaran Militer Rusia di Perbatasan Ukraina (Sumber: The U. S. Sun)

Di utara ada Belarus, sekitar 30.000 tentara Rusia ditempatkan di sana; mereka dilengkapi rudal s-400, pengebom nuklir, dan jet tempur. 

Di selatan ada Laut Hitam. Enam kapal perang Rusia telah berlabuh dan akan segera memulai latihan militer di sana. markas mereka adalah pelabuhan legendaris, Sevastopol yang tidak asing dengan perang selama perang dunia kedua. Sevastopol bertahan dari pengeboman oleh Jerman selama PD II, dan sedang bersiap-siap lagi untuk pertempuran berikutnya. 

Yang terakhir di timur yang merupakan wilayah separatis. Sekitar 15.000 pemberontak pro-Rusia berkemah di sana. Di sebelah mereka merupakan perbatasan Rusia dan di situlah sekitar 100.000 tentara Rusia siap dan menunggu perintah menyerang, pasukan ini punya kendaraan lapis baja, tank, senjata artileri, bahkan kamp pengobatan militer dilengkapi persediaan darah. 

Begitulah persiapan Rusia yang saya rangkum dari media. Bagaimana dengan strateginya? Bagaimana dengan percaturan yang akan dimainkan di sana? Kebanyakan ahli berbicara tentang empat kemungkinan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline