Lihat ke Halaman Asli

Deandra Lucky G

mahasiswa UIN Raden Intan Lampung

KKN Kel 199 UIN RIL Bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Melakukan Sosialisasi Digitalisasi Marketing dan Pelatihan Branding Packaging

Diperbarui: 23 Agustus 2024   06:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam upaya memajukan sektor UMKM di Desa way urang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten pesawaran, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 199 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) mempersembahkan inisiatif bertajuk “sosialisasi digitalisasi marketing dan pelatihan branding packaging“. 

Program ini dirancang untuk memberdayakan ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) jaya makmur Desa Way urang agar dapat memasarkan produk mereka melalui platform digital yang efektif. Program kerja ini tidak terlepas dari bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Drs.H. Badrul kamil, M.Pd.I

Kegiatan yang dimulai pada awal periode KKN ini, ditujukan kepada ibu-ibu anggota KWT jaya makmur yang memiliki potensi besar dalam pengembangan produk lokal. Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemasaran, tetapi juga untuk memberikan pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi digital dalam mengelola usaha mereka. 

“Program kerja digitalisasi UMKM yang ada di Desa way urang menjadi salah satu langkah solutif dalam memperkenalkan produk UMKM khas Desa way urang, seperti Keripik cabai ke dalam target pasar yang lebih luas. Dengan begitu, diharapkan nantinya akan menjadi usaha yang keberlanjutan,” ujar Siti Nurchaliza anirsa putri dan Mike Anita putri, anggota KKN Kelompok 199 yang menjadi penanggung jawab pada program ini.

kkn 199 bersama ibu-ibu KWT jaya makmur desa way urang

Rangkaian program ini dimulai dengan pembuatan akun media sosial dan e–commerce untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Melalui akun media sosial UMKM, anggota KWT dapat mengakses target pasar secara luas dan menjangkau konsumen di luar desa mereka. Selain itu, tim KKN UIN RIL membantu dalam pembuatan logo dan stiker sebagai penanda pada produksi UMKM. Inovasi selanjutnya dengan melakukan foto dari setiap produk yang dihasilkan, untuk dapat dipamerkan dan ditayangkan dalam media sosial.

Program Digitalisasi UMKM KWT jaya makmur merupakan bentuk kolaborasi antara mahasiswa KKN UIN RIL dengan anggota KWT, yang saling mendukung untuk menciptakan solusi inovatif terhadap tantangan yang dihadapi. Produk-produk KWT menggunakan bahan produksi yang berasal dari hasil tani masyarakat. Maka, dukungan yang ada dapat memperkuat komunitas lokal, serta mengembangkan ekonomi daerah secara keseluruhan. Dengan adanya program ini, diharapkan UMKM di Desa wat urang  tidak hanya berkembang dalam skala lokal tetapi juga mampu bersaing di pasar yang lebih luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline