Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2023/2024 Memperkenalkan Rupiah melalui Matematika

Diperbarui: 14 Februari 2024   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Guwo (29/1). Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM 1 2023/2024, Deandra Manullang, mengusung program kerja pengajaran matematika pada siswa siswi kelas IV SD dengan menggunakan rupiah. Berasal dari jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis menjadi dasar mahasiswa tersebut melaksanakan program kerja ini. Program kerja ini dilaksanakan di SDN 2 Guwo pada tanggal 22 Januari 2024 dan 29 Januari 2024 dengan menjadikan siswa siswi kelas IV SD sebagai peserta program kerja ini. Tujuan utama program ini adalah memperkenalkan lebih lagi makna tokoh dan gambar kebudayaan yang ada pada rupiah dan mengajarkan siswa siswi untuk memperdalam ilmu matematika mengenai rupiah ini agar dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari.

SDN 2 Guwo merupakan salah satu sekolah dasar yang berada pada Desa Guwo, Kec. Wonosegoro, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Sekolah ini menjadi pilihan karena siswa – siswi yang terdapa pada sekolah ini dapat terbilang banyak dan menjadi sasaran yang tepat untuk memperkenalkan rupiah sejak dini. Siswa – siswi kelas IV SD dianggap sudah mampu untuk membedakan besaran rupiah dan mulai mampu untuk melakukan perhitungan jual beli menggunakan rupiah. Selain itu, pembacaan dan penulisan rupiah merupakan salah satu topik yang sedang diajarkan pada siswa siswi kelas IV SD ini.  

dok. pri

Masih banyak siswa - siswi yang tidak mengetahui bahwa setiap rupiah mempunyai gambar tokoh, bunga, tarian, dan pemandangan yang mewakili kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, program ini dimulai dengan membedah gambar – gambar yang ada pada setiap rupiah. Akan dijelaskan mengenai tokoh siapa yang ada pada rupiah tersebut, asal, dan peran dalam kemerdekaan Indonesia. Dijelaskan juga berasal dari manakah kebudayaan Indonesia yang diwakilkan dengan gambar bunga, tarian, dan pemandangan. Selanjutnya dijelaskan mengenai cara pembacaan dan penulisan rupiah yang baik dan benar karena masih banyak siswa – siswi yang sulit untuk menuliskan rupiah yang mempunyai banyak angka. Program ini dilanjutkan dengan soal matematika mengenai transaksi penggunaan rupiah. Diberikan soal yang tercermin pada kehidupan nyata seperti pembelian alat tulis atau kebutuhan sehari – hari. Soal yang diberikan melibatkan pemberian rupiah berlebih dan kembalian yang harus didapatkan. Hal ini sangat penting untuk diketahui setiap siswa – siswi agar dapat melakukan transaksi dengan tepat dan tidak keliru dalam memberikan jumlah uang yang tepat dan tidak mudah untuk ditipu.

Dengan adanya program kerja ini, siswa-siswi dapat mengetahui gambar di balik setiap mata uang, membaca menulis rupiah dengan baik dan benar, serta melakukan transaksi sehari – hari dengan tepat. Hal ini dibuktikan dengan memberikan kuis singkat untuk menguji pemahaman pada siswa-siswi SDN 2 Guwo. Pada akhir program juga diberikan buku pegangan perhitungan matematika yang akan menjadi inventaris kelas. Besar harapan mahasiswa KKN sebagai pelaksana program agar siswa siswi dapat memperkaya ilmu mengenai rupiah yang menjadi kebanggaan Indonesia dan dapat menggunakan uang dengan sebaik mungkin dalam melakukan transaksi pada kehidupan sehari – hari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline