Lihat ke Halaman Asli

KKN 167 DESA BROJOL

Mahasiswa KKN UNS 2022

Ternak di Desa Brojol Terjangkit PMK, Mahasiswa KKN Selenggarakan Sosialisasi

Diperbarui: 9 September 2022   01:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyampaian Materi oleh drh. Wari Pawestri, M.Sc./dokpri

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang tergabung dalam kelompok 167 Kuliah Kerja Nyata Tematik Integratif menyelenggarakan penyuluhan terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebagai salah satu program utama di Desa Brojol pada Rabu (27/08/2022)

Desa Brojol merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Desa Brojol memiliki 4 (empat) dusun dan 18 (delapan belas) RT dengan jumlah penduduk 2.212. 

Sebagian besar wilayah Desa Brojol didominasi oleh persawahan. Yang mengakibatkan sebagian besar mata pencaharian penduduk berupa peternak dan petani sebagai penunjang perekonomian masyarakat. Berdasarkan data dari Pemerintahan Desa Brojol, jumlah peternak sebanyak 405 orang dengan rincian komoditas sapi sebanyak 877 ekor.

Suasana Acara Sosialisasi PMK di Balai Desa Brojol/dokpri

Salah satu perangkat desa menyebutkan bahwa, pada bulan Juni 2022 Penyakit Mulut dan Kuku mulai menjangkit beberapa hewan ternak sapi di desa. Hal ini menyebabkan kematian pada hewan ternak, penurunan produktivitas ternak, dan kerugian bagi peternak.

Melihat permasalahan tersebut, maka diadakan sosialisasi mengenai Penyakit Mulut dan Kuku yang dilaksanakan di Balai Desa Brojol pada Rabu (27/08/2022) dengan diikuti oleh perwakilan 2 (dua) orang peternak tiap RT di Desa Brojol. 

Sosialiasi tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pencegahan penyebaran dan penanganan hewan ternak  yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat dan Kepala Desa Brojol.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline