Lihat ke Halaman Asli

Dea Nabilah Idraki

Mahasiswa Untag

Kerja Praktek Mahasiswa Teknik Industri Pada PT Medishop Indonesia Sehat

Diperbarui: 27 Juni 2023   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan Kerja Praktek pada PT Medishop Indonesia Sehat ini berlangsung selama 3 bulan yang terdiri dari 3 mahasiswa yaitu Apsari Puspitaningtyas (1411900012), Kiki Pratama Putra (1411900041) dan M. Rhosid Arridho (1411900042) dengan pembimbing lapangan Bapak Kevin Mahputra dan pembimbing Dosen Teknik Industri Bu Herlina, ST., MT. serta penguji Ir. Siti Mundari, MT.

Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai perubahan dan perkembangan di dunia industri yang terkait dengan bidang kajian yang diambil mahasiswa, menambah kesempatan berupa wawasan bagi mahasiswa untuk dapat mengetahui pembelajaran metode yang digunakan di bidang industri.serta sebagai salah satu media bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman langsung dalam melakukan atau terlibat pada bidang ilmu sehingga dapat menjadi bekal di dunia kerja setelah lulus. Melalui kerja praktik terbangun kerjasama antar perusahaan dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Kegiatan ini menghasilkan output laporan dalam penyelesaian masalah yang ada pada perusahaan. Berikut hasil kerja mahasiswa yaitu mengetahui strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan diapers dan underpad pada  PT. Medishop Indonesia Sehat. Hasil kerja praktik yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas X pada PT Medishop Indonesia Sehat menghasilkan pemahaman mendalam mengenai strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan diapers dan underpad di perusahaan tersebut.

Dalam penelitian yang dilakukan, mahasiswa melakukan analisis terhadap preferensi pelanggan dan temuan-temuan menarik ditemukan. Mayoritas responden menyatakan kepuasan mereka terhadap pilihan ukuran dan jenis produk yang tersedia di pasaran. Namun, terdapat keinginan untuk meningkatkan variasi produk yang lebih sesuai dengan preferensi pelanggan. Hal ini menjadi suatu peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan portofolio produk mereka agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan lebih baik. Selain itu, kemudahan penggunaan produk juga menjadi faktor penting bagi responden. Mahasiswa merekomendasikan agar perusahaan meningkatkan desain produk agar lebih mudah diganti atau dipasang, yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk tersebut. Selanjutnya, mahasiswa juga menemukan bahwa merek atau produsen memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam keputusan pembelian responden. Oleh karena itu, mereka merekomendasikan perusahaan untuk memperkuat merek mereka melalui strategi promosi yang efektif. Dengan membangun kesadaran merek yang kuat dan membangun kepercayaan pelanggan, perusahaan dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dengan lebih baik. Namun, mahasiswa juga menemukan bahwa responden cenderung tidak bersedia membayar lebih untuk produk dengan kualitas yang lebih baik dari merek lain. Oleh karena itu, perusahaan perlu mencari cara lain untuk meningkatkan nilai produk mereka. Salah satu saran yang diajukan adalah melalui inovasi fitur atau teknologi baru yang dapat membedakan produk mereka dari pesaing. Terakhir, mahasiswa menemukan bahwa responden memiliki tingkat sensitivitas yang cukup terhadap perubahan harga. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan strategi harga yang kompetitif dan memperhatikan reaksi pelanggan terhadap perubahan harga. Diskon atau penawaran khusus juga dapat digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menarik pelanggan baru atau meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.

Dalam kesimpulan, melalui kerja praktik yang dilakukan di PT Medishop Indonesia Sehat, mahasiswa Universitas X telah memberikan kontribusi berharga dalam menganalisis strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan diapers dan underpad. Rekomendasi yang diajukan, seperti meningkatkan variasi produk, meningkatkan kemudahan penggunaan, fokus pada inovasi produk dan promosi, memperkuat merek, mencari cara untuk meningkatkan nilai produk, dan mempertimbangkan strategi harga yang kompetitif, dapat menjadi panduan bagi perusahaan dalam upaya mereka untuk mencapai pertumbuhan penjualan yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline