Lihat ke Halaman Asli

Irpanudin .

TERVERIFIKASI

suka menulis apa saja

JNE 24 Tahun Melayani, 15 Tahun Mengenalnya

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1416069839608880652

“ Pakai JNE aja biar cepat” kata seorang teman saat menyarankan jasa kurir pengiriman dokumen. Waktu itu JNE yang saya maksud masih bernama Tiki JNE, sebelum kedua merk tersebut kemudian berpisah. Untuk selanjutnya, saya hanya mengenal JNE yang mewarisi budaya pelayanan terbaik.

Saya masih mengingat peristiwa yang terjadi 15 tahun lalu itu. Bagaimana tidak? Saat itu saya hendak melakukan pendaftaran ulang untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bogor. Celakanya, karena kecerobohan saya ada dokumen penting yang tertinggal di rumah. Jadilah, orang rumah dibuat kocar-kacir.

Jangan bayangkan saat itu semudah hari ini. Jangankan email atau facebook, SMS pun tidak bisa karena harga handphone masih tak terjangkau. Saya menelepon ke rumah dari warung telekomunikasi.

Kebetulan teman yang menyarakan mengirim dokumen menggunakan JNE itu masih satu daerah sehingga ia bisa memberikan alamat JNE di kota tetangga. Besok paginya bapak segera menuju alamat agen JNE dan mengirim dokumen yang saya butuhkan.

Berdebar-debar juga menunggu kedatangan dokumen, dua hari kemudian sekitar jam 9 pagi persis di hari yang sama dengan daftar ulang dokumen yang ditunggu tiba. Ufh,....rasanya lega sekali.

Kedua kali menggunakan jasa JNE adalah ketika lulus kuliah. Banyak juga barang saya yang bertambah selama kuliah, 5 kardus! Karena barang yang harus saya kirim cukup banyak, saya mencoba membandingkan dengan jasa kurir lain tapi tarif JNE masih lebih kompetitif dari jasa kurir lain. Ditambah pengalaman menggunakan JNE sebelumnya masih terpatri di ingatan, saya pun tidak ragu untuk kembali memanfaatkan jasa JNE. Memang memuaskan, barang-barang saya selamat sampai ke rumah tepat waktu tanpa kurang suatu apa pun.

Belakangan seiring berkembangnya usaha di dunia internet, jasa JNE semakin dibutuhkan untuk usaha online. Saya termasuk orang yang sering memanfaatkan belanja via toko online. Handphone Android yang setia menemani saya selama lebih dari 2 tahun ini juga dikirim menggunakan JNE. Tidak mengherankan bagi saya jika kebanyakan penjual toko-toko online nyaris semuanya menggunakan JNE sebagai kurir pengiriman. Karena bagi saya nama JNE menjadi identik dengan jasa pengiriman terpercaya yang cepat, aman dengan tariff terjangkau.

[caption id="attachment_375726" align="aligncenter" width="399" caption="android kesayangan dikirim melalui JNE"][/caption]

Satu kali memang pernah ada sedikit kesalahan. Desa tempat orang tua saya tinggal di Brebes bernama Klampok. Kebetulan ada desa yang juga bernama Klampok di Banjarnegara, tidak terlalu jauh karena sama-sama di Jawa Tengah bagian barat. Saya tidak tahu asal muasalnya, mungkin ada sedikit kekeliruan dalam penulisan alamat, paket yang ditujukan ke alamat rumah konon menuju Klampok di Banjarnegara, bukan Brebes.

Untunglah, saat pengiriman kurir JNE menelepon saya sehingga alamat tujuan segera dikoreksi. Hebatnya, dengan kondisi seperti itu pun JNE masih mampu mengirim tidak melebihi waktu yang dijanjikan, yaitu 5 hari kerja. Dari satu kesalahan itu, kepercayaan saya kepada JNE bukan berkurang, malahan semakin meningkat.

Usut punya usut, saya baru tahu kalau JNE sudah lama memberi pelayanan di jasa pengiriman,  sudah 24 tahun. Di 9 tahun awal saya memang sama sekali tidak mengetahui bagaimana pelayanan JNE. Tetapi pengalaman 15 tahun mengenal dan memanfaatkan jasa JNE, JNE tidak sekali pun mengecewakan saya.

JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman terus berkembang dan meningkatkan pelayanan. Dahulu bapak saya mengirim dokumen via JNE dari Brebes ke Bogor harus ke kota tetangga. Tetapi beberapa tahun lalu, agen JNE sudah hadir di kota kami sehingga kami tidak lagi harus menempuh perjalanan terlalu jauh saat hendak mengirim barang atau dokumen. Itu pun tidak hanya satu tapi ada beberapa agen JNE. Di Jabodetabek, agen JNE bahkan bisa ditemukan dalam jarak yang berdekatan, tidak sampai 1 km. Sehingga satu lagi identitas yang lekat di JNE adalah cabang dan agennya tersebar di mana-mana.

[caption id="attachment_375729" align="aligncenter" width="541" caption="alamat JNE di dekat rumah kami"]

14160701422014788758

[/caption]

Kalau kita membuka website JNE, di bagian paling atas halamannya langsung terbuka layanan customer service yang mudah dihubungi. Informasi, keluhan, atau seputar pelayanan JNE bisa dihubungi di 021-29278888. Selain itu, pada halaman JNE kita juga bisa menemukan informasi tariff. Tinggal memasukan kota asal pengiriman dan tujuan, maka tariff JNE bisa diketahui dalam hitungan detik.  Sementara itu fitur  trace tracking sangat memudahkan para pelanggan setia JNE untuk melacak pengiriman barang.

[caption id="attachment_375731" align="aligncenter" width="857" caption="pusat pelayanan pelanggan, sudah ada sejak website dibuat"]

14160703862052327603

[/caption]

[caption id="attachment_375732" align="aligncenter" width="296" caption="check tariff, transparan dalam perhitungan biaya kirim "]

14160705512052301308

[/caption]

[caption id="attachment_375734" align="aligncenter" width="566" caption="biaya kirim bogor-brebes"]

141607080481846970

[/caption]

[caption id="attachment_375733" align="aligncenter" width="269" caption="trace and tracking, kemudahan melacak barang"]

1416070674570219646

[/caption]

Seingat saya sejak pertama kali membuka website JNE di www.jne.co.id beberapa tahun lalu, ketiga fitur tersebut telah menjadi pelayanan standar JNE. Itu menjadi bukti pelayanan prima JNE telah dirintis sejak lama. Wajar saja  karena JNE telah meraih ISO 9001-2000 pada tahun 2004, ISO 9001-2000 pada tahun 2009, dan ISO-9001 2008 pada tahun 2010, sebagai pengakuan bagi kualitas manajemen dan pelayanan terbaik JNE.

Jika JNE manusia, maka usia 24 tahun adalah masa awal kedewasaan penuh. Saya sendiri baru lulus kuliah di usia yang sama, cukup terlambat. Tapi bagi JNE 24 tahun adalah masa yang penuh karya, pelayanan, dan kepuasan pelanggan. Sehingga JNE kemudian melebarkan sayap ke bisnis trucking, angkutan laut dan barang pindahan. Meskipun demikian, dengan semakin besarnya bisnis JNE, jasa pelayanan pengiriman barang tetap prima seperti biasa, malah semakin meningkat. Sebagai buktinya, akhir Oktober lalu saya mengirim barang ke rumah. Sebuah paket kecil seberat sekitar 500 gram. Pelayan di agen JNE menjanjikan paling lambat 5 hari kerja paket tersebut sudah diterima bapak di rumah. Nyatanya, janji tersebut tidak sepenuhnya ditepati karena hanya dalam 2 hari kerja paket tersebut sudah sampai di rumah. Lebih cepat.

JNE 24 tahun melayani, 15 tahun saya mengenalnya, saya puas. Bagaimana dengan anda?

Sumber tulisan

1. www.jne.co.id

2. dokumen pribadi penulis

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline