Lihat ke Halaman Asli

Irpanudin .

TERVERIFIKASI

suka menulis apa saja

Internet Unlimited Untuk E-Library SMA Di Desa

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1419397617906017282

“Jangan kebanyakan mimpi pan, bangun, bangun!” tulis teman saya di Whatsapp. Kalau sudah begitu saya hanya bisa tersenyum. Bagi saya punya impian besar bukan hal yang salah, bahkan jika tidak terwujud sekali pun. Yang penting kita berusaha, melakukan sesuatu untuk mewujudkannya meski kecil dan tidak terlihat orang lain.

Selain menulis di blog, kadang saya memang menuliskan harapan-harapan saya untuk Indonesia di jejaring sosial. Karena cuma mengajar di desa, saya memahami hanya hal-hal kecil yang bisa saya kerjakan. Impian saat ini pun sederhana, menyediakan e-library untuk SMA Darussalam, sekolah tempat saya mengajar.

[caption id="attachment_385574" align="aligncenter" width="630" caption="Lokasi SMA DarussalamPurwasari (Tanda Bintang di Bawah Panah Hijau) di koordinat -6,614989 ; 106,717572 , Sumber: Google maps"][/caption]

Bogor tidak sampai sejengkal di peta berskala 1:100.000 dari Jakarta, sebagai ibukota negara dan pusat ekonomi. Tapi soal kelengkapan infrastruktur bagai bumi dan langit. Apalagi jika melihat sarana dan prasarana sekolah swasta di desa, yang dibangun dengan dana swadaya.

SMA Darussalam memiliki 6 unit komputer. Dari jumlah itu hanya 4 yang bisa digunakan dengan baik, tidak sampai hitungan jari sebelah tangan. Kondisi yang memprihatinkan, padahal hanya berjarak sekitar 6 km dari salah satu universitas ternama di Indonesia, Institut Pertanian Bogor. Selama ini komputer yang ada dimanfaatkan oleh siswa-siswi SMA untuk belajar Ms. Word, Excel, atau oleh sebagian anak-anak bandel untuk main game jika tidak ada guru yang mengawasi.

[caption id="attachment_385575" align="aligncenter" width="420" caption="Beberapa Siswa-siswi SMA Darussalam, Dramaga sedang memanfaatkan komputer untuk belajar"]

14193977641865413644

[/caption]

Indosat adalah salah satu operator yang sinyalnya sangat baik di daerah sekitar Petir-Dramaga, Bogor. Jika mendapatkan paket internet unlimited 1 tahun Indosat saya bermimpi salah satu komputer, atau jika bisa seluruhnya, dimanfaatkan sebagai pusat informasi, literatur dan sarana pendidikan bagi siswa-siswi SMA Darussalam.

[caption id="attachment_385576" align="aligncenter" width="420" caption="seorang siswi SMA Darussalam, Dramaga, sedang menggunakan komputer sekolah"]

14193979182021049083

[/caption]

Lebih dari 60% wilayah Indonesia, dan Kabupaten Bogor pada khususnya adalah pedesaan. Sangat logis jika pembangunan suatu daerah diarahkan sesuai potensi terbesar yang dimiliki daerah tersebut. Sayangnya seringkali anak-anak muda lebih suka urbanisasi dan menjadi buruh di kota. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya keterampilan dan pengetahuan Sumber Daya Manusia di desa, terutama pemudanya. Para pemuda ini tidak tahu apa yang harus dilakukan jika mereka tinggal di desa, sehingga mengadu nasib ke kota.

Penyediaan e-library di SMA Darussalam merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah sekitar Petir-Dramaga. Ketika lulusan sekolah di desa meningkat kualitasnya, diharapkan akan mengurangi urbanisasi sekaligus bisa memacu pertumbuhan pembangunan di desa karena karya anak-anak mudanya.

Itulah impian sederhana saya, semoga Indosat bisa membantu saya mewujudkan mimpi tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline