Lihat ke Halaman Asli

Dea Meliana

mahasiswa

Strategi Outsourcing dalam Manajemen Operasional

Diperbarui: 21 Oktober 2022   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STRATEGI OUTSOURCING DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL

Outsourcing ialah memperoleh jasa atau barang dengan layanan ke pihak lain di luar  perusahaan. 

Menurut O’Brien dan Marakas (2010) outsourcing dalam arti luas ialah pembelian sejumlah barang atau jasa yang semula dapat dipenuhi oleh internal perusahaan tetapi sekarang dengan memanfaatkan mitra perusahaan sebagai pihak ketiga . 

Outsourcing ini telah banyak membantu perusahaan menjadi lebih efisien dengan focus melakukan yang terbaik.

Berdasarkan sumber dari O’Brien dan Marakas,2010 pertimbangan perusahaan memlih strategi outsourcing ini diantaranya :

  • Mengurangi dan mengontrol biaya operasional
  • Meningkatkan focus perusahaan
  • Mendapat akses pada kemampuan kelas dunia
  • Menyebar resiko
  • .Mempercepat keuntungan reengineering
  • Sumber daya internal dapat digunakan untuk hal lainnya
  • Biaya pengembangan sistem sangat tinggi
  • Resiko tidak kembalinya investasi yang dilakukan sangat tinggi
  • Ketidakpastian untuk mendapatkan sistem yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline