Lihat ke Halaman Asli

Dea Melia

Mahasiswa

Laksanakan Program Kerja Gelora Religi Masyarakat KKN Posko 87 Ikuti Acara Rutinan Barikan di Desa Pejambon

Diperbarui: 12 September 2024   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dekdok KKN Posko 87

Pejambon, 11/07/2024 - Desa Pejambon, tepatnya di Dukuh Pejambon Krajan RT 01/RW 01 memperingati Tahun Baru Islam dengan penuh sukacita, yakni Barikan. Barikan merupakan salah satu adat Desa Warungasem yang dilakukan tiap Jumat Pertama pada bulan Muharram dengan membawa jajanan khas desa ataupun jajanan pasar yang dikumpulkan jadi satu dan makan bersama di depan gang dukuh.

Acara ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur dan berdoa kepada Allah SWT karena telah diberikan keselamatan, kesehatan dan keberkahan dalam menyambut serta memperingati Tahun Baru Islam.

Acara ini diikuti oleh seluruh elemen masyarakat dukuh Pejambon dari tokoh masyarakat, anak kecil dan mahasiswa KKN Posko 87 UIN Walisongo SemarangSemarang 2024.

"Dengan adanya peringatan acara Barikan ini kita bisa bersama-sama melestarikan budaya dan tradisi setempat, serta merayakan Tahun Baru Islam dengan kebersamaan dan penuh rasa syukur." Ujar Gusono

Peringatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Desa Pejambon khususnya Dukuh Pejambon Krajan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline