Lihat ke Halaman Asli

Dea Erma

Junior Akuntansi

Sistem Informasi dan Strategi Aplikasi Uniqlo Indonesia

Diperbarui: 29 Januari 2022   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Uniqlo merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang berjalan dibidang pakaian atau fashion & lifestyle. Perusahaan Uniqlo berdiri pada tahun 1949 di negara Jepang. Uniqlo menjual berbagai macam kebutuhan pakaian baik untuk pria, wanita, hingga anak-anak dengan berbagai model pakaian serta ukuran. Dengan menonjolkan kepada kualitas dari produknya yang unik dan berbeda dari produk serupa lainnya di pasaran, hal ini menjadi sebuah keunggulan dan keunikan yang dapat memberi kesuksesan perusahaan sehingga dapat membuka ratusan gerai fisik di berbagai negara seperti, Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara di benua Eropa. Di Indonesia, Uniqlo menghadirkan gerai fisik pertamanya di Jakarta sekitar tahun 2013. Produk-produk dari perusahaan Uniqlo berhasil mencuri perhatian masyarakat di Indonesia sehingga menjadi sebuah brand yang sangat diminati dan sampai saat ini Uniqlo berhasil membuka setidaknya 46 gerai fisik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam menunjang dan menambah persentase penjualannya, Uniqlo juga memasarkan dan menjual produknya melalui aplikasi mobile yaitu Uniqlo Indonesia yang tersedia di platform Google Play dan juga AppStore. Aplikasi ini menyediakan berbagai penawaran menarik sehingga konsumen dapat melakukan pembelian tanpa harus berkunjung langsung ke gerai fisik dari Uniqlo. Perusahaan Uniqlo semakin mengembangkan aplikasi ini sebagaimana terjadinya pandemi COVID-19 yang berimbas pada ditutupnya beberapa pusat perbelanjaan selama beberapa bulan guna memutus rantai penyebaran virusnya. Hal ini yang membuat aplikasi Uniqlo Indonesia sebagai salah satu media yang tetap dapat meningkatkan penjualan perusahaan di kala itu.

Dalam mendirikan perusahaan sejenis tentunya tidak mudah, banyak strategi bisnis yang harus dicapai agar bisa meraih kesuksesan. Misalnya, kualitas bahan yang akan dijual, cara pemasaran yang tepat, desain pakaian dan model pakaian yang selalu mengikuti perkembangan zaman, dan lain sebagainya. Apabila terdapat new entrants atau kompetitor sejenis yang ingin menjadi pesaing perusahaan Uniqlo kemungkinan cukup sulit. Perusahaan Uniqlo dalam mendirikan perusahaannya membutuhkan jaringan yang cukup besar, rumit serta kompleks. Contohnya dalam proses penjualan melalui aplikasi, hal ini juga tidak mudah karena terdapat banyak sistem yang terlibat dari bagian produksi hingga distribusi ke konsumen.

 Dalam penggunaan aplikasi, Uniqlo Indonesia hanya menyediakan produk dari satu pemasok yaitu perusahaan Uniqlo saja. Konsumen yang menggunakan aplikasi untuk membeli produk dari perusahaan Uniqlo tidak terlalu banyak, hal ini dikarenakan perusahaan Uniqlo juga mempunyai gerai fisik yang membuat konsumen lebih nyaman memilih produk fashion dengan cara langsung datang ke tempat, namun terkadang gerai fisik tidak menyediakan produk yang lengkap seperti di aplikasi. Tidak menutup kemungkinan bahwasannya keberadaan produk substitusi atau produk pengganti juga banyak, hal ini bisa dilihat dari banyaknya aplikasi dari brand-brand pakaian sejenis yang menawarkan fasilitas sejenis pula. Adanya pandemi COVID-19 membuat beberapa kompetitor sejenis juga memiliki media software dalam mempromosikan dan menjual produknya agar tetap memberikan pelayanan kepada para konsumennya.

Aplikasi Uniqlo Indonesia menyediakan beberapa pilihan fashion atau lifestyle dari produk unggulan, baru dirilis, penilaian teratas, harga terendah hingga harga tertinggi. Semua ini diberikan dengan tujuan agar mempermudah konsumen dalam melakukan pembelanjaan melalui aplikasi. Aplikasi Uniqlo Indonesia jarang mengadakan promo yang menawarkan adanya promo atau potongan harga pada produknya. Hal ini hanya dilakukan saat momen tertentu, seperti lebaran atau akhir tahun, selebihnya aplikasi hanya menawarkan harga asli produk. Penawaran juga hanya diberikan dalam bentuk voucher kepada pelanggan yang baru mendaftar pada aplikasi Uniqlo Indonesia. Dalam aplikasi Uniqlo Indonesia juga tidak menggunakan strategi niche market, dimana konsumen tidak dibedakan mana yang sering membeli atau mana konsumen yang jarang membeli produk, semuanya akan mendapatkan harga, fasilitas aplikasi, penawaran dan pengalaman yang sama selama berbelanja melalui aplikasi Uniqlo Indonesia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline