Lihat ke Halaman Asli

Dea Arastika

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inovasi Pendidikan Berkebhinekaan

Diperbarui: 11 Januari 2023   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai salah satu dari Program Kampus Merdeka, kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ini diadakan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa Indonesia yang perlu saling belajar  untuk mempererat persatuan bangsa. Adanya program PMM  bertujuan untuk memenuhi kebutuhan talenta Indonesia yang kreatif dan inovatif di masa depan. 

Dinamika perlu fleksibel dan kreatif dalam menghadapi tantangan masa depan di mana pengetahuan dan keterampilan akan terus berubah dengan sangat cepat. Untuk itu perlu memanfaatkan kesempatan belajar di luar program studi dan memungkinkan program pertukaran mahasiswa MBKM dilaksanakan melalui kreativitas dan inovasi merdeka mahasiswa PMM. 

Program ini merupakan kemenangan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kebhinekaan, nasionalisme, solidaritas dan ikatan antar mahasiswa karena mahasiswa yang berpartisipasi secara tidak langsung  memiliki lingkungan pendidikan yang baru dan bertemu dengan teman-teman baru dari lingkungan kampus dan latar belakang yang berbeda. .

 Melalui program PMM, mahasiswa berkesempatan untuk mengambil pelajaran yang lebih berharga tidak hanya dari segi mata pelajaran akademik, tetapi juga dari segi pergaulan  sehari-hari dengan masyarakat. Kegiatan PMM membawa manfaat yang besar bagi mahasiswa. Program ini menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi keragaman nusantara, belajar, mengembangkan persahabatan, serta memperkuat dan memperluas potensi akademik mereka. 

Saya amat sangat mendukung program ini dan berpikir bahwa manfaat ini harus ditingkatkan dalam berbagai cara lokal yang dapat dikembangkan baik online maupun offline sebagai kegiatan komunitas sosial. berinteraksi dengan beradaptasi dengan situasi membutuhkan inovasi untuk melanjutkan program ini. Semua ini membutuhkan inovasi dan kreativitas  bagaimana beradaptasi dengan perbedaan. Ini adalah wadah dan alat yang membuat kita lebih kreatif, mudah beradaptasi, dan beradaptasi untuk menghadapi tantangan. 

Apapun tantangannya, jangan pernah menyerah dan jangan khawatir. Karena keuntungan akan jauh lebih besar. Karena moto PMM adalah bertukar sementara dan bermakna selamanya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mencanangkan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sebagai  wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Merdeka Kampus  (MBKM). Pertukaran mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap keragaman budaya negara asalnya serta mendorong peningkatan dan perluasan kapasitas akademik mereka. 

Selain itu, program ini  berhasil  membangun silaturahmi mahasiswa lintas daerah, suku, budaya, dan agama sehingga memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Program tersebut juga membentuk sikap siswa terhadap penghargaan terhadap keragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, sikap terhadap kerja sama, kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Menurut survei Ditjen Dikti tahun 2020, Program Pertukaran Pelajar Nusantara (PERMATA) merupakan salah satu program MBKM yang paling diminati mahasiswa. 

Program PERMATA telah menarik perhatian para siswa, terbukti dengan besarnya minat para siswa untuk mengikuti program tersebut dan berbagai liputan media tentang kesaksian para siswa yang telah mengikuti program PERMATA.am. Secara umum, mereka merasakan  nilai tambah dan manfaat dari pengalaman, menghadapi kondisi dan realitas kehidupan berbangsa dan bernegara, serta matang dalam memahami keberagaman dan kondisi sosial di negara kesatuan NKRI. 

Ini adalah aset berharga dalam memajukan jalur karir kita, mempersiapkan kita untuk kepemimpinan nasional masa depan, dan meningkatkan komitmen kita terhadap negara dan bangsa kita. Dalam mengikuti kegiatan pertukaran pelajar merdeka ini, saya mendapatkan banyak pelajaran berharga yaitu bertemunya dengan teman -- teman dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, belajar dan memahami bagaimana budaya yang ada pada diri masing-masing teman-teman dari daerah lain, tidak hanya itu saja, saya juga mendapatkan ilmu tambahan dari mata kuliah yang saya ambil dengan lintas jurusan.

Dengan lintas jurusan saya dapat merasakan belajar dan mencoba memahami materi dari mata kuliah yang tidak sepenuhnya sesuai dengan mata kuliah di Universitas asal saya.Mengetahui keragaman apa saja yang ada pada daerah tempat saya melakukan pertukaran amatlah menambah pengetahuan dan pemahaman saya. Kegiatan ini amatlah menyenangkan bagi saya, mendapatkan pengalaman seperti ini merupakah salah satu cita-cita saya, mengenal banyak teman dari berbagai daerah tidak sepulau, suku dan budaya dengan saya, sangat membuat saya ingin kembali lagi untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka.

Saya amat sangat berterima kasih dengan bapak menteri yang telah membuat program ini dengan baik, ini merupakan kenangan berharga untuk saya sehingga saya dapat menceritakan pengalaman ini kepada sanak keluarga dan tentu saja kepada teman-teman saya dan merekomendasikan kepada teman-teman saya untuk mencoba keluar dari zona nyaman mereka sehingga berani untuk mengikuti program yang sangat luar biasa ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline