Lihat ke Halaman Asli

Dea Amalia Putri

Third Year Pharmacy Student at Diponegoro University

Edukasi dan Games "Isi Piringku" Pengganti Slogan "4 Sehat 5 Sempurna" pada Anak-Anak TK

Diperbarui: 12 Agustus 2022   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Isi Piringku/dokpri

Semarang (21/07) - Slogan "Isi Piringku" merupakan bagian dari Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang dikeluarkan oleh Kemenkes pada tahun 2017 sebagai pengembangan dan pengganti slogan "4 Sehat 5 Sempurna". Gaya hidup sehat perlu diperkenalkan kepada anak sejak dini. 

Pola makan yang sehat misalnya, dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan tumbuh kembang anak. Edukasi yang diberikan kepada anak-anak dapat menjadi solusi alternatif untuk mencapai program SDGs poin ke-3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

Melihat permasalahan tersebut, Dea Amalia Putri, Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022, pada hari Kamis, 21 Juli 2022 melaksanakan program "Edukasi dan Games Isi Piringku pada Anak-anak TK Kuntum Mekar". Isi Piringku merupakan panduan masyarakat yang menunjukkan sajian makanan dan minuman sehat pada sekali makan yang terdiri dari 50% sayur dan buah, seta 50% sisanya berupa lauk pauk dan makanan pokok. 

Dimana porsi sayuran lebih banyak dari buah dan porsi makanan pokok lebih banyak dari lauk pauk. Selain itu, perlu diimbangi juga dengan minum air putih minimal 6-8 gelas/perhari, rajin mencuci tangan, serta banyak beraktivitas fisik minimal 30 menit/hari. Dengan adanya pedoman gizi seimbang, diharapkan anak Indonesia tidak mengalami kegemukan, tidak kerempeng, dan tidak kekurangan gizi.

Pelaksanaan Program "Edukasi dan Games Isi Piringku pada Anak-anak TK Kuntum Mekar" /dokpri

Program ini disasarkan kepada anak-anak TK B beserta seluruh Guru TK Kuntum Mekar di Kelurahan Pleburan dengan metode belajar sambil bermain yang diharapkan dapat menarik perhatian dan mempermudah penyampaian. Materi edukasi mengenai Isi Piringku serta pola hidup sehat lainnya dikemas dengan permainan menggambar dan mewarnai. 

Selain itu, diakhir sesi terdapat poster Isi Piringku yang akan ditempel di dinding TK. Selama kegiatan edukasi berlangsung, seluruh anak-anak TK Kuntum Mekar menyimak dengan baik dan sangat antusias untuk menjawab pertanyaan. Selain itu, hasil dari games ini didapatkan bahwa seluruh anak-anak TK Kuntum Mekar dapat mengikuti dengan benar dan tepat.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pentingnya gizi seimbang sejak usia dini dengan pendekatan permainan yang edukatif dan menarik.
"Dengan adanya program KKN ini, diharapkan anak-anak tidak lagi memilah-milah jenis makanan tertentu dan bisa tumbuh dengan optimal ." ujar salah guru TK Kuntum Mekar.

Foto Bersama Seluruh Guru TK Kuntum Mekar/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline