Lihat ke Halaman Asli

Puasa Sunah Senin Kamis sebagai Salah Satu Cara Pengendali Jiwa

Diperbarui: 9 Maret 2016   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Dalam Islam sunnah merupakan perbuatan yang jika dilakukan akan mendapat pahala, namun jika tidak dilakukan tidak apa-apa alias tidak mendapat dosa. Rasulullah sebagai tauladan dalam melaksanakan ibadah sunnah tentunya memiliki maksud tersendiri untuk melakukan ibadah atau kegiatan tersebut yang tentunya membawa manfaat bagi yang melaksanakan. Ibadah sunnah banyak sekali macamnya seperti sholat sunnah, puasa sunnah, mandi sunnah, termasuk menikah juga termasuk sunnah Rasulullah SAW. Selain itu juga masih banyak lagi macam-macam ibadah sunnah lainnya. Di sini yang akan kita bahas adalah puasa sunnah senin kamis. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari ibadah sunnah satu ini. Selain memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, puasa senin kamis juga dapat menyeimbangkan tiga kecerdasan pada pelaksananya, yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Berikut akan disampaikan beberapa manfaat puasa senin kamis yang bisa kita pelajari:

1.Peremajaan sel kulit
Sel-sel kulit pada tubuh kita yang telah mati perlu diganti dengan sel-sel kulit yang baru. Artinya kulit kita membutuhkan peremajaan kembali. Biasanya untuk mengganti sel-sel kulit yang telah mati, seseorang memerlukan bantuan produk atau obat tertentu untuk dikonsumsi. Namun dengan berpuasa senin kamis secara rutin, anda tidak perlu mengkonsumsi produk-produk tertentu lagi. Karena dengan berpuasa, metabolisme dalam tubuh manusia akan berhenti, dan hal itu dapat menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.


2.Mengencangkan kulit
Mungkin anda akan bertanya-tanya, apa hubungannya puasa dengan pengencangan kulit. Seperti halnya peremajaan kulit, saat kita berpuasa sehari penuh, metabolism dalam tubuh akan beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya organ tubuh luar seperti kulit akan lebih sehat dan kencang.


3.Mengeluarkan toksin dalam tubuh
Tanpa melihat penelitian dari ilmuwan, kita pun dapat berpikir secara logika, jika puasa senin kamis dapat mengeluarkan toksin dari tubuh. Racun yang berada dalam tubuh kita berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya mungkin bisa dengan berolah raga. Tapi dengan olah raga saja hasilnya kurang efektif. Agar hasilnya maksimal kita perlu berhenti untuk mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut. Cara puasa senin kamis memang dipercaya ampuh untuk mengeluarkan toksin yang sudah mengendap di dalam tubuh.


4.Memberikan istirahat untuk organ pencernaan
Organ pencernaan dalam tubuh kita diibaratkan seperti mesin. Jika bekerja setiap hari tanpa ada kontrol atau servis, lama-lama mesin akan rusak sehingga tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya. Sesekali mesin juga butuh untuk diberi waktu isirahat. Seperti organ pencernaan kita juga butuh istirahat. Puasa senin kamis sebagai cara yang efektif untuk memberi ruang istirahat pada organ pencernaan kita agar berfungsi secara maksimal. 


5.Menurunkan kadar lemak
Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun segala sesuatu yang berlebihan akan membawa efek yang kurang baik. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh kita harus dihilangkan. Tiga cara yang paling efektif untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh yakni beroah raga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa senin kamis. Dengan menurunkan kadar lemak, kita akan terhindar dari gangguan penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, bahkan stroke.


6.Mempercantik kaum wanita secara alami
Dengan melakukan puasa senin kamis, sel-sel tubuh akan mengalami peremajaan secara teratur sehingga organ dalam maupun luar tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar.
Misalnya pada organ kulit yang mengalami peremajaan sel-sel akan menjadikan kulit wajah lebih bersih, segar, dan terlihat cantik. Bagi yang menginginkan cantik secara alami tanpa mengeluarkan biaya mahal, puasa senin kamis bisa jadi solusinya.


7.Menenangkan jiwa dan perasaan
Jika seseorang sudah terbiasa melakukan puasa senin kamis biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaannya. Dengan berpuasa senin kamis seseorang akan menjadi lebih penyabar, dapat mengontrol hawa nafsu serta pikiran-pikiran negatif lainnya sehingga akan membawa ketenangan jiwa dan perasaan.


8.Mampu mengendalikan hawa nafsu
Orang yang sering melakukan puasa senin kamis lebih mampu mengendalikan hawa nafsu yang bergejolak dalam hati dan pikiran. Contoh yang logis misalnya ketika ada teman yang meminjam barang yang sangat kita sukai, tiba-tiba dia hilangkan barang tersebut. Karena sedang berpuasa, mau tak mau kita tidak boleh menaggapinya dengan emosi karena hal itu dapat membatalkan puasa. Sehingga apapun harus kita hadapi dengan kepala dingin ketika berpuasa.


9.Lebih peka terhadap lingkungan sekitar
Saat kita berpuasa, rasa lapar dan haus kerap kali menghantui. Rasa seperti itulah yang dirasakan setiap hari oleh saudara kita yang kurang beruntung. Dengan berpuasa sama dengan kita berempati dan merasakan betapa tidak mudahnya menjadi seperti mereka. Kita harus lebih banyak bersyukur karena tidak sampai mengalami yang demikian. Puasa melatih kita kita untuk lebih peka pada kondisi saudara kita yang kurang beruntung.


10.Lebih bayak beramal
Orang yang terbiasa puasa senin kamis akan lebih meningkatkan amalan ibadahnya dengan banyak beramal. Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin dengan banyaknya amalan tambahan pendamping puasa senin kamis yang dijalankannya, maka akan memperoleh banyak pahal yang berlipat.

Demikianlah beberapa manfat bagi yang menjalankan puasa sunnah senin kamis. Semoga bermanfaat untuk kita semua :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline