Lihat ke Halaman Asli

Tips Mandi ala Rasulullah

Diperbarui: 10 Maret 2016   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

"Mandi" aktivitas ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebagian orang bahkan ada yang sudah bosan dengan ritual-ritualnya. Tapi sebagian besar orang menyukai aktivitas yang satu ini. Selain menyegarkan tubuh, mandi juga membawa manfaat yang banyak seperti; dapat melancarkan peredaran darah, membangkitkan semangat, menghilangkan kuman-kuman dan kotoran di tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Mandi akan membawa manfaat jika dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini adalah tips mandi ala Rasulullah:

1. Mandi dimulai dengan menyiramkan segayung air ke telapak kaki. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat menyesuaikan suhunya dengan suhu air. Suhu tubuh cenderung hangat, sedangkan suhu air cenderung dingin. 

2. Setelah menyiramkan segayung air ke telapak kaki, lanjutkan dengan menyiramkan segayung air ke betis. Lanjutkan menyiram segayung air ke paha, perut, kemudian pundak.

Apa manfaatnya? Tubuh kita juga memerlukan pemanasan untuk mandi. Suhu tubuh dengan air sangat berbanding terbalik. Suhu tubuh itu hangat, sedangkan air suhunya dingin. Seperti halnya sebuah gelas yang diisi dengan air panas, lama-lama dia akan retak karena tidak kuat menahan panasnya suhu air.

Bayangkan saja jika kita mandi tanpa memulai dari bagian kaki terlebih dahulu. Lama-lama organ tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan ada yang sampe rusak. Mungkin kita pernah mendengar ada orang yang tiba-tiba pingsan di kamar mandi. Bisa saja itu salah satu efek dari pola mandi yang salah. Orang yang sering masuk angin, migrain, juga termasuk efek pola mandi yang salah. Mandi pagi minimal satu jam sebelum matahari terbit juga dapat membuat awet muda dan tubuh lebih sehat. Tips pola mandi ala Rasulullah ini sangat cocok untuk berbagai usia terutama dianjurkan untuk para penderita stroke, kolesterol, diabetes, dan hipertensi.

Selamat mencoba..

Semoga bermanfaat :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline