Lihat ke Halaman Asli

Surga di Malang Selatan

Diperbarui: 4 Maret 2016   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Dikenal dengan kota pendidikan dan kota wisata. Ada empat perguruan tinggi yang besar di kota ini disusul dengan puluhan perguruan tinggi kecil lainnya. Setiap tahunnya ada ribuan penduduk baru yang datang di sini. Siapa lagi kalau bukan mahasiswa. Bayangkan saja jika yang datang ke sini ribuan orang. Tapi yang keluar hanya berapa? Banyak mahasiswa yang setelah lulus tetap menetap di Malang. Karena Malang memberi mereka pekerjaan yang cukup layak alasannya.

Malang juga dikenal dengan kota yang dingin. Tapi sebenarnya Malang sudah tidak sedingin dulu. Siang hari akan terasa sangat panas. Dan akan berbanding terbalik pada pagi harinya. Terkadang juga pada malam harinya.suhu di sini rata-rata 25° celcius. Terkadang kalau cuaca memang sangat panas pada siang harinya bisa mencapai 29° celcius.

Tidak hanya dikenal dengan kota pendidikan saja. Malang juga dikenal dengan kota seribu pantai. Jika anda berdomisili di daerah Malang dan sekitarnya atau di kawasan Jawa Timur, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali jika ingin menikmati keindahan pantai-pantai nan eksotik. Anda tidak akan kehabisan inspirasi untuk berlibur ke pantai mana jika sedang berada di Malang.

Lokasi pantai memang agak jauh dari pusat kota Malang. Sekitar 60 km atau sekitar dua jam perjalanan. Donomulyo adalah salah satu kecamatan di Malang selatan yang langsung berbatasan dengan kabupaten Blitar. Pantai paling barat di Malang selatan terletak di kecamatan ini. Ada sekitar tujuh pantai yang terletak di Donomulyo, yakni pantai Modangan, pantai Jonggring Saloko, pantai Kondang Bandung, pantai Pasir Panjang, pantai Ngeliyep, pantai Gunung Kombang, dan Pantai Bantol. Jika anda ingin berwisata ke sana caranya gampang saja. Dari pusat kota ikuti petunjuk arah ke Blitar. Sampai di Karang Kates ikuti petunjuk jalan menuju Donomulyo. Sampai di Donomulyo ikuti petunjuk jalan menuju pantai-pantai tersebut. Jika anda masih bingung, tanyakan pada penduduk setempat yang dijamin sangat ramah-ramah.

Kita baru berbicara pantai di Malang selatan bagian barat saja. Sedikit menuju ke arah timur, anda bisa menemui pantai Balekambang. Orang menjuluki pantai ini dengan sebutan Tanah Lotnya Bali. Memang benar, karena pantai ini memiliki jembatan yang di atasnya ada pura seperti pantai Tanah Lot di Bali. Tak perlu jauh-jauh kan jika ingin berlibur ke Tanah Lot? Malang juga punya.hehehe

Hiruk pikuknya kota memang terkadang membuat kita bosan dengan pekerjaan. Sesekali bolehlah kita menengok surga di Malang selatan agar kita kembali segar untuk bekerja. Tiket masuk ke pantai selatan rata-rata hanya 5000 rupiah saja. Sangat murah bukan? Walaupun perjalanan yang kita tempuh agak lama dan cukup melelahkan, semua itu akan terbayar saat kita menikmati keindahan pantai nan eksotis. Di sebelah timur juga masih banyak lagi pantai-pantai yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 

Selamat mencoba ;) 

g




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline