Lihat ke Halaman Asli

Hasil Video Otomatis Artificial Intelligence, Memanfaatkan ChatGPT dan Pictory

Diperbarui: 23 Februari 2023   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Pexels/Alex Knight

Dalam artikel ini dibahas memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk membuat video secara otomatis, tanpa sentuhan manusia.

Untuk dapat membuat video secara otomatis, dalam hal ini akan memanfaatkan ChatGPT dan Picotry, keduanya sama-sama mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Lihatlah bagaimana pekerjaan membuat sebuah video dapat dilakukan dengan sekejap mengandalkan kombinasi dua sistem teknologi kecerdasan buatan ini.

Saya melakukan uji coba menggunakan ChatGPT untuk membuat sebuah narasi video. Intruksi yang saya berikan hanya sekedar meminta sebuah script singkat menjelaskan AI.

Tangkap layar ChatGPT dari OpenAI.

Narasi video yang dibuat ChatGPT tidak berlangsung lama, tidak melebihi satu menit. Narasi ini dibutuhkan Pictory untuk memahami apa kebutuhan video yang diinginkan oleh pengguna.

Lalu mengapa narasi yang saya minta berbahasa Inggris? Jawabannya mengarah kepada kemampuan Pictory, secara garis beras ChatGPT mampu untuk membuatkan sebuah text dalam bahasa apapun. Namun Pictory, belum mampu menerjemahkannya.

Apabila kita menggunakan Bahasa Indonesia, ilustrasi video yang dihasilkan oleh Pictory akan jauh dari harapan. Seperti misalnya, saya mencoba membuat ilustrasi video mengenai "Dampak Sampah terhadap Lingkungan" dengan text berbahasa Indonesia, Pictory justru menghasilkan video dengan ilustrasi Dewa Hindu.

Kembali kepada pokok pembahasan, langkah selanjutnya untuk membuat video secara otomatis yaitu tentu mengunjungi laman Pictory.ai. Setelah berhasil login, selanjutnya akan ada sebuah pilihan untuk membuat model video.

Tangkap layar Pictory.ai

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline