Lihat ke Halaman Asli

Dampak Buruk Penggunaan Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 6 Februari 2021   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo. Assalamualaikum teman teman, perkenalkan  nama saya Danu Cahya Prastiyo, saya adalah seorang penerima beasiswa 50 % dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, jurusan Perhotelan. Dalam kesempatan ini, saya ingin memberikan sedikit informasi kepada teman teman semua, tentang dampak buruk penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari hari.

                                                                                                                                Sumber  Gambar : Berdesa.com

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang , penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter , Youtube dan jenis media sosial lainnya , setiap hari  semakin bertambah jumblah penggunanya. Mengingat, dengan cara yang relatif mudah, setiap orang dapat menggunakan ponsel pintar mereka untuk mencari suatu informasi di media sosial dan internet. 

Dengan munculnya media sosial , teman teman semua telah melihat banyak sekali perubahan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Media sosial telah memainkan peranan kunci dalam transformasi ini. Dalam kurun waktu satu dekade lebih, dampak media sosial telah berubah , dari menjadi hiburan yang menghibur, menjadi bagian yang terintegrasi penuh dari hampir setiap aspek kehidupan sehari -hari bagi banyak orang. 

Akan tetapi, dibalik banyaknya manfaat penggunaan media sosial, taukah teman teman semua bahwa  media sosial   juga dapat memberikan dampak buruk bagi penggunanya, jika teman teman menggunakan media sosial ini dengan terus menerus, diantaranya :

1. Dapat Membuat Candu Pengguna

2595510856-601e1c35d541df40853af5e2.jpg

                                                                                                         Sumber Gambar : Nationalgeographic. grid. id

     Saat ini penggunaan media sosial telah menjadi hal yang sangat populer dan terus tumbuh berkembang tanpa henti dalam kehidupan manusia saat ini, terlebih lagi buat kaum millenial. Internet dan Media sosial menawarkan akses yang mudah untuk mendapatkan informasi dan mekanisme kemudahan untuk berkomunikasi, hal inilah yang bisa menyebabkan mengapa orang - orang di seluruh dunia menjadi kecanduan media sosial. 

Penggunaan media sosial yang terlalu sering dapat membuat  si pengguna merasa candu dan cenderung malas melakukan kegiatan lain seperti mengerjakan perkerjaan kantor atau perkerjaan rumah.  Ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan, khususnya pada anak remaja yang sering menggunakan media sosial secara berlebihan, terkadang hingga larut malam. Kecanduan media sosial juga merupakan suatu gangguan rahasia dan akan menjadi jenis kecanduan internet. 

Para peneliti dari Nottingham Trent University di Inggris telah menganalisis 43 studi sebelumnya tentang masalah ini. Dan kemudian mereka menyimpulkan bahwa kecanduan media sosial "Mungkin " memerlukan perawatan profesional dan itu merupakan masalah kesehatan mental.

2.  Membuang Buang Waktu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline