Lihat ke Halaman Asli

Nikmatnya Kuliner Khas Banten yang Melegenda, Angeun Lada

Diperbarui: 2 Februari 2021   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber pict : Instagram .com /@uniezzt

Hallo, Assalamualaikum teman teman semua. Selamat datang dihalaman artikel terbaru saya, sebelumnya perkenalkan nama saya Danu Cahya Prastiyo, saya adalah salah satu penerima beasiswa 50 % dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, jurusan perhotelan. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin membagikan sedikit informasi kepada teman teman semua, tentang kuliner khas banten yaitu Angeun Lada.

Perlu diketahui oleh teman teman semua bahwa, Banten memiliki banyak sekali kuliner yang mempunyai cita rasa yang khas, mulai dari Angun Lada, Rabeg, Sate Bandeng, Sambel Buroq, Garem Asem, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas tentang kuliner khas Bantenyang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat diluar provinsi Banten, yaitu Angeun Lada.

Sebagai informasi, nama Angeun memiliki arti sayur dan lada memiliki arti pedas, jadi nama kuliner khas banten Angeun Lada ini memiliki arti Sayur yang pedas. Adapun bahan utama pembuatan Angeun Lada ini adalah dengan menggunakan babat sapi dan beberapa tambahan sayuran yang sifatnya opsional. Sejak tahun 2016 Angeun lada telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Adapun warisan budaya tak benda ini termasuk juga tradisi, seni pertunjukan,  ekspresi lisan, serta tidak ketinggalan ruang budaya yang diakui oleh berbagai komunitas.

Baiklah, selanjutnya saya akan memberikan resep dan cara membuat hidangan Angeun Lada (Porsi 2 pax ), berikut dengan tips agar Angeun Lada yang ingin teman teman coba buat dirumah, terasa lebih nikmat dan mantap. 

Pertama tama, siapkan terlebih dahulu semua bahan dan bumbu yang akan dihaluskan, diantaranya :

Babat sapi 250 Gr

Daging Sapi 50 Gr

Air untuk membuat kaldu 1 - 1 1/2 liter

Kacang Panjang 25 Gr (Opsional )

Wortel 20 Gr (Opsional )

Labu siam 20 Gr (Opsional )

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline