Lihat ke Halaman Asli

Kabar Kalimantan

Agah kampong

Dayak Bakati Kembali Menggelar Ritual Adat Nyobeng (Nyabangk)

Diperbarui: 22 Mei 2021   21:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam budaya-dokpri

 19/mei/2021"_

Dusun Segonde Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, kembali mengelar ritual adat Nyobeng / dalam bahasa bakati lokal masyarakat setempat, Adalah _"NYABANGK. Nyabangk merupakan tradisi melaksanakan adat menutup siklus tahun perladangan yang lama dan membuka tahun perladangan yang baru.

Jumat (21/-23). Pelaksanaan ritual adat tersebut dimulai hari jumat 21 mei 2021 pukul 04.00 pagi. Pembukaan rumah adat (dio pungo).

"Sehubungan dengan acara dimaksud masih dalam suasana pandemi covid19, kami berharap pada Bpk/Ibu/Saudara dapat memahami, untuk itu tidak meramaikan, selama kegiatan adat nyobeng berlangsung."

"Demi menerapkan standar protokol kesehatan, selama acara ritual adat nyobeng dijalankan, Tanpa mengurangi rasa hormat.
dengan ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan kegiatan adat tersebut. tetap mengunakan masker, menjaga jarak. pungkasnya"

34/STEPANUS MURDANI.


"Nyobeng merupakan sebuah ritual adat yang sakaral." syukuran pesta usai panen padi sekaligus ungkapan syukur, untuk membersihkan kampung dari bala bahaya, sakit penyakit yang mengacam warga penduduk kampung. Adat ini sudah berlaku sejak lama zaman nenek moyang, dan terus dilestarikan."

tradisi Nyobeng.

Basapak/tanda-dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline