Lihat ke Halaman Asli

Daviq Madani

Manajemen Pendidikan Islam IAIN Jember

Marketing Plan (Rencana Pemasaran)

Diperbarui: 9 April 2020   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Marketing plan atau rencana pemasaran adalah bagaimana usaha seseorang (pengusaha) mencapai sebuah target yang sudah ditentukan dari sasaran pemasaran. jadi suatu perusahaan haruslah menentukan teknik marketing plan ini, sebelum memasarkan produknya di pasar. 

ada beberapa unsur yang harus kalian ketahui mengenai marketing plan ini diantaranya: pertama, mengenali ringkasan dan tujuan perusahaan, maksudnya kenali terlebih dahulu profil perusahaan tersebut dan tujuan perusahaan tersebut dengan baik dengan begitu kamu akan lebih gamppang senantiasa mengetahui tujuan yang akan di capai oleh perusahaan tersebut. 

kedua, menentukan target dan standard yang harus dicapai, maksudnya apabila kamu sudah mengetahuinya standard yang pasti maka kamu sebagai penguasaha akan lebih mudah untuk mengukur proses untuk mencapai target yang diinginkan. 

kemudian yang ketiga, menentukan target pasar yakni menentukan siapa yang akan menjadi target pasarmu, dengan menentukan target pasar akan lebih memudahkan perusahaan tersebut dalam memasarkan, mempromosikan produknya dan pemasaranpun akan menjadi lebih efektif.

 keempat, menetapkan jenis konten promosi maksudnya ialah menetapkan sebuah konten promosi yang sudah kamu pilih agar dapat membantu perusahaan mencapai target tujuannya. 

kelima, mengenali kompetitor yakni, seorang pengusaha melakukan mini risert untuk mengetahui keleihan dan kelemahan kompettitormu, kalau sudah bisa mengenali kompetotor dengan baik maka perusahaan tersebut akan lancar dan terlaksana  dalam menyusun marketing plan. 

keenam, menetapkan fokus dan prioritas maksudnya disinji ialah seorang pengusaha harus mempunyai banyak ide-ide yang kreatif tetapi disisi lain seoarang pengusaha juga harus tetap foku dalam menetapkan prioritas, jangan sampai perusahaan mengalami kewalahan atau kendala karena terlalu banyak halyang mau dilakukan. 

kemudian yang ketuju sekalaigus yang terakhir, menetapkan budget dalam membuat suatu pemasaran sangatlah penting untuk menetapkan sebuah budget efektif ptaktis dan realistis jadi seorang pengusaha harus sangat pandai mengatur budget sebaik mungkin, agar langkah-langkah pemasaran menjadi lancar sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. jadi seorang pengusaha haruslah benar-benar menetapkan marketing plan ini sebaik mungkin, agar terciptanya tujuaan yang sudah ditentukan serta akan membuat perusahaan lebih maju dan berkembang nantinya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline