Lihat ke Halaman Asli

DAVIN HIDAYAH

MAHASISWA

Manajemen Sarana dan Prasarana Perpustakaan

Diperbarui: 24 Juni 2023   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang penting dalam belajar terutama perpustakaan di dalam dunia  pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Perpustakaan  menjadi salah satu dari tempat siswa maupun mahasiswa yang belajar di suatu pendidikan  menjadi tempat yang favorit dalam mengerjakan tugas maupun membaca dalam memenuhi tugas yang diberikan dari guru maupun dosen. Oleh karena itu perlu nya peran dari  manajemen sarana prasarana  perpustakaan  dalam  menjadikan  perpustakaan yang memiliki iklim yang  nyaman  untuk  dikunjungi. 

Perpustakaan harus meningkatan kualitas layanan pengunjung difokuskan untuk memberikan ikim yang baik dengan tujuan untuk para pengunjung di perpustakaan  bisa mengerjakan aktivitas membaca,mengerjakan tugas  dengan nyaman. Manajemen sarana prasarana sangat penting untuk dikembangkan agar dapat pengunjung dapat menikmati fasilitas yang tersedia dengan nyaman, manajemen sarana prasarana perpustakaan yang baik hal itu dibuktikan dengan pengelolaan administrasi yang baik serta dalam peningkatan kualitas layanan perpustakaan mempunyai program pengem-bangan yang jelas.

Kelengkapan  sarana  dan  prasarana yang ada di perpustakaan tentunya akan berpengaruh terhadap minat kunjungan siswa  karena  dengan  suasana  perpustakaan yang nyaman akan membuat suasana belajar di perpustakaan menjadi kondusif. Tanpa adanya minat kunjung siswa, keperpustakaan tidak dapat berfungsi secara optimal. Usaha untuk meningkat-kan  minat  kunjungan  tersebut  perpustakaan  perlu  mempelajari  dan  memahami bagaimana pengaruh kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan terhadap  minat  pengunjung. 

Perpustakaan  diwajibkan dalam memberikan  pelayanan  sesuai harapan  para penggunanya, untuk dapat menyediakan informasi yang aktual, tepat waktu dan mudah diakses sesuai dengan kebutuhan para  pengguna  jasa  perpustakaan. Bahkan, para pustakawan pun dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keahlian  yang  kompetitif  terhadap  kinerja mereka untuk memfasilitasi para pengunjung.

Oleh karena itu, perpustakaan harus cepat dalam  melakukan suatu perubahan  dalam manajemen  pelayanannya.Pelayanan  perpustakaan  juga  dapat menentukan berkembang serta maju tidaknya  suatu  perpustakaan.  Pelayanan yang diberikan dari pustakawan (pegawai perpustakaan) sangatlah mempengaruhi pengunjung  maupun  pengguna  perpustakaan. 

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak hanya didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan melainkan peran dari layanan pustakawan  terhadap  pengunjung  perpustakaan. Hal ini yang berkaitan dengan pelayanan pegawai maupun pemustaka perpustakaan.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline