Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang penting dalam belajar terutama perpustakaan di dalam dunia pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Perpustakaan menjadi salah satu dari tempat siswa maupun mahasiswa yang belajar di suatu pendidikan menjadi tempat yang favorit dalam mengerjakan tugas maupun membaca dalam memenuhi tugas yang diberikan dari guru maupun dosen. Oleh karena itu perlu nya peran dari manajemen sarana prasarana perpustakaan dalam menjadikan perpustakaan yang memiliki iklim yang nyaman untuk dikunjungi.
Perpustakaan harus meningkatan kualitas layanan pengunjung difokuskan untuk memberikan ikim yang baik dengan tujuan untuk para pengunjung di perpustakaan bisa mengerjakan aktivitas membaca,mengerjakan tugas dengan nyaman. Manajemen sarana prasarana sangat penting untuk dikembangkan agar dapat pengunjung dapat menikmati fasilitas yang tersedia dengan nyaman, manajemen sarana prasarana perpustakaan yang baik hal itu dibuktikan dengan pengelolaan administrasi yang baik serta dalam peningkatan kualitas layanan perpustakaan mempunyai program pengem-bangan yang jelas.
Kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan tentunya akan berpengaruh terhadap minat kunjungan siswa karena dengan suasana perpustakaan yang nyaman akan membuat suasana belajar di perpustakaan menjadi kondusif. Tanpa adanya minat kunjung siswa, keperpustakaan tidak dapat berfungsi secara optimal. Usaha untuk meningkat-kan minat kunjungan tersebut perpustakaan perlu mempelajari dan memahami bagaimana pengaruh kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan terhadap minat pengunjung.
Perpustakaan diwajibkan dalam memberikan pelayanan sesuai harapan para penggunanya, untuk dapat menyediakan informasi yang aktual, tepat waktu dan mudah diakses sesuai dengan kebutuhan para pengguna jasa perpustakaan. Bahkan, para pustakawan pun dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keahlian yang kompetitif terhadap kinerja mereka untuk memfasilitasi para pengunjung.
Oleh karena itu, perpustakaan harus cepat dalam melakukan suatu perubahan dalam manajemen pelayanannya.Pelayanan perpustakaan juga dapat menentukan berkembang serta maju tidaknya suatu perpustakaan. Pelayanan yang diberikan dari pustakawan (pegawai perpustakaan) sangatlah mempengaruhi pengunjung maupun pengguna perpustakaan.
Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak hanya didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan melainkan peran dari layanan pustakawan terhadap pengunjung perpustakaan. Hal ini yang berkaitan dengan pelayanan pegawai maupun pemustaka perpustakaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H