Lihat ke Halaman Asli

Davin Dalta

Mahasiswa

Giat UMKM KKN Kolaboratif186 Jember: Kunjungan UMKM Produsen Keripik Talas dan Singkong

Diperbarui: 27 Agustus 2022   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri)

Mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 186 yang terdiri dari 10 mahasiswa (Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas dr. Soebandi) mengunjungi UMKM Desa Sumber Ketempah, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Di desa Sumber Ketempa banyak sekali UMKM seperti olahan tempe, kerupuk, keripik talas, keripik singkong, onde-onde, Dll.   

Keripik Talas dan Keripik Singkong merupakan salah satu camilan yang mudah ditemui di Indonesia, selain rasanya gurih ternyata Keripik Talas dan Keripik Singkong dikemas dengan cara yang tepat. Disalah satu dusun yang ada di Desa Sumber Ketempa tepatnya di Dusun Krajan terdapat UMKM Keripik Talas. Talas dan Singkong yang mereka pakai untuk membuat keripik tak lain adalah hasil pertanian dari masyarakat Desa Sumber Ketempa.

(Dokpri)

Pada kesempatan ini KKN Kolaboratif Kelompok 186 mengunjungi UMKM Keripik Talas dan Keripik Singkong yang dimiliki oleh Ibu Indah. Keripik Talas dan Keripik Singkong Bu Indah ini diproduksi setiap hari. Proses pemasarannya Keripik Talas dan Keripik Singkong ini dilakukan dengan cara disetor secara langsung ke pasar-pasar dan warung-warung, salah satunya di pasar Kecamatan Kalisat dan warung-warung di Desa Sumber Ketempa. Untuk harga perbungkus dibandrol dengan harga Rp. 1000 .

Tujuan kunjungan dari UMKM ini adalah untuk mengembangkan pemasaran pada Desa Sumber Ketempa, khususnya pada industri rumah tangga pembuatan Keripik Talas dan Kerpik Singkong. Salah satu pemasaran yang akan kami lakukan adalah dengan cara memperkenalkan produk Keripik Talas dan Keripik Singkong ini ke event expo KKN kolaboratif yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2022 dan bertempat di Alun-Alun Jember.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline