Lihat ke Halaman Asli

Apa Pentingnya Sikap Nasionalisme?

Diperbarui: 29 November 2023   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri 

"Karena nasionalisme bukan slogan mati, tapi pengorbanan kolektif membela visi." -Najwa Shihab

'Nasionalisme' menjadi suatu kata yang sangat penting, terutama bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Nasionalisme mengacu kepada kesadaran nasional. Sebagai rakyat Indonesia, kita harus mempunyai kesadaran untuk bersatu dan berjuang bersama dalam membentuk satu bangsa yang besar.

Lahirnya nasionalisme pada masa pergerakan nasional tentu dilatarbelakangi oleh berbagai hal. Adanya visi dan misi yang jelas, yaitu kemerdekaan Indonesia. Visi misi tersebut dijalani melalui organisasi-organisasi.

Rasa nasionalisme pada saat itu muncul karena kebencian dan ketidakpuasan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa penjajahan yang dilakukan Belanda sangatlah besar. Rakyat Indonesia telah mengalami banyak penindasan, kekejaman, eksploitasi, maupun ketidakadilan.

Oleh sebab itulah, para pahlawan kemerdekaan dengan gigih membangun organisasi-organisasi pergerakan nasional Indonesia. Nasionalisme di Indonesia mengalami kemajuan pada organisasi Budi Utomo. Organisasi modern pertama yang menginspirasi kaum nasionalis lainnya. Akhirnya, tanggal kelahiran Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, yaitu pada 20 Mei.

Nasionalisme telah mendorong lahirnya persatuan dan kesatuan. Namun, tetap terdapat tantangan bagi pelajar dalam menghargai nilai-nilai nasionalisme dan rasa persatuan/kesatuan nasional. Hal ini menjadi suatu masalah juga ketika melihat bahwa pelajar seharusnya menjadi bibit unggul sebuah bangsa. Menurut saya, sebuah bangsa akan maju jika generasi mudanya juga memiliki sikap nasionalisme yang tinggi.

Dalam kehidupan saya sehari-hari, saya pun melihat hambatan atau tantangan yang dialami pelajar dalam menghargai nilai-nilai nasionalisme. Tantangan tersebut bisa didapatkan darimana saja. Saya melihat beberapa pelajar memiliki tantangan dalam mengikuti upacara bendera rutin di sekolah.

Upacara bendera yang seharusnya diikuti sebagai salah satu wujud menghargai jasa para pahlawan. Para siswa malah menunjukkan berkurangnya sikap nasionalisme. Ada beberapa yang tidak bersikap serius dalam mengikuti upacara. Berdiri atau bersikap asal-asalan dan malah mengganggu teman lain.

Tantangan yang dihadapi pelajar sebenarnya juga datang dari diri sendiri. Ketika kita memahami arti penting nasionalisme, maka kita akan mencerminkan sikap nasionalisme tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari. Terutama bagi pelajar, akan terlihat dalam kehidupan di sekolah.

Banyak pelajar juga yang masih sering menghina bangsanya sendiri. Banyak pelajar sebagai generasi muda bangsa yang tidak memiliki kesadaran untuk mencintai Tanah Air Indonesia. Menurut saya, mereka masih tidak mengerti akan pentingnya sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, dalam mewujudkan sikap nasionalisme itu cukup mudah. Dapat dimulai dari menunjukkan sikap tertib saat melaksanakan upacara bendera.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline