Pandemi Covid - 19 yang berlangsung pada awal tahun 2020 sampai awal tahun 2022 menyebabkan berbagai masalah pada bidang kehidupan. Salah satunya pada bidang pendidikan. Pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara tatap muka harus ditiadakan dan harus dilakukan secara online, tetapi terdapat banyak kendala dan masalah yang harus dihadapi oleh siswa dan guru saat melaksanakan proses pembelajaran online/daring. Masalah dan kendala yang harus dihadapi adalah kendala jaringan, masalah tersebut membuat proses belajar daring menjadi kurang efektif dan efisien.
Banyak orangtua, siswa, dan guru yang mengeluhkan tentang masalah dan kendala saat pembelajaran daring dilaksanakan. Masalah yang paling banyak ditemukan saat pembelajaran daring adalah kendala jaringan, karna beberapa daerah di lndonesia masih belum bisa mengakses internet dengan lancar. Oleh karena itu, dibutuhkan tindakan nyata yang harus dilakukan oleh semua pihak, seperti sekolah, guru, pemerintah siswa dan orang tua.
Proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat masa pandemi covid -- 19 menyebabkan banyak masalah dan kendala pada bidang pendidikan di Indonesia. Proses pembelajarannya pun kurang efektif dan efisten. Dibutuhkan berbagai tindakan perbaikan untuk setiap masalah dan kendala yang terjadi. Selain kendala jaringan, siswa juga menjadi kurang fokus belajar saat pembelajaran daring. Hal Itu menyebabkan proses pemberajaran daring menjadi kurang efektif dan efisien. Solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran daring yang variatif sehingga siswa tidak, jenuh dan lokasi rumah yang tidak terjangkau internet bisa untuk sementara pindah ke lokasi yang terjangkau internet.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H