Lihat ke Halaman Asli

David WardhanaPutra

Disini akan di tulis cerpen fiktif / berdasarkan kisah nyata dalam kehidupan sehari - hari saya | Instagram saya : davidwardhanaptr & jonathandvd_ | twitter saya : @Dursilla_

Kekhawatiran dalam Kehidupan Kawula Muda

Diperbarui: 5 Maret 2020   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Esai david

Tajuk Cerita - Kekhawatiran dalam kehidupan kawula muda

Khawatir atau cemas adalah suatu perilaku psikologis yang normal dalam kehidupan sehari-hari. khususnya kawula muda cemas tentang profesi, akan jadi apa kita kelak. Tentang keluarga / orang tua bagaimama mencukupi kebutuhan mereka serta membalas kebaikan cinta kasih beliau berdua. Tentang masa depan, siap / tidaknya membawa suatu hubungan kejenjang yang lebih serius adalah hal yang lumrah. Ini terjadi kepada setiap pemuda/i awal yang mulai beranjak dewasa.

Hal ini mempunyai konotasi positif namun juga negatif. 

Positif, ini merupakan wujud dari kesadaran diri seorang pemuda/i tentang perannya dimasa mendatang. Oleh sebab itu banyak kawula muda yang mulai berlomba, bekerja lebih giat dari sebelumnya, bangun lebih pagi untuk mengatasi kekhawatiran yang dialami, dibarengi pendekatan diri kepada yang diatas demi jaminan rasa aman dimasa mendatang.

Disisi lain kekhawatiran atau kecemasan sebenarnya tidak membantu kita dalam menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan, justru sebaliknya kekhawatiran dapat menjadi batu sandungan yang menghambat jalan kita dan menjadi kuk beban berat yang memperlambat laju kita.

Dalam dunia medis kekhawatiran juga memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental dan fisik. Meliputi: pikiran, hormon, dan juga metabolisme tubuh.

Kita sebagai kawula muda harus cukup cerdas memilah dan mengolah kekhawatiran. Jika berhasil sampahpun juga ada manfaatnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline