Lihat ke Halaman Asli

Naikal Jaya

Hobby saya adalah menulis

Inilah Jenis Kayu Tahan Air dan Rayap yang Paling Cocok Dijadikan Lantai

Diperbarui: 31 Agustus 2021   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Tak bisa dipungkiri lagi, keberadaan lantai adalah bagian terpenting khususnya untuk tempat tinggal. Kenyamanan rumah akan muncul jika pemilik rumah pintar dalam memilih lantai dengan tepat.

Beberapa belakangan ini, banyak orang yang berambil alih, yang dulunya hanya memasang lantai kramik dan granit sekarang mereka mengaplikasikan lantai paling populer yaitu lantai kayu.

Lantai kayu sendiri adalah salah satu material yang terbuat dari kayu asli yang memiliki estetis tinggi dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan lantai pada umumnya.

Disamping itu, dalam pemilihan lantai kayu harus benar-benar dari bahan yang berkualitas agar awet dan juga tahan lama. Mengingat, material ini terbuat dari kayu asli sehingga sangat rentan terhadap air dan rayap.

Terdapat lantai kayu dari material yang bagus yang tahan air serta tidak mudah dimakan rayap. Apa saja itu? Simak berikut ini lantai kayu berdasarkan material yang dapat awet dan tahan lama.

1. Kayu Meranti

Yang pertama adalah kayu meranit. Material yang sering digunakan lantai kayu ini memiliki kualitas yang baik dan bagus. Ciri khas dari kayu ini kuat dan juga keras. Hal ini dikarenakan tekstur didalamnya begitu keras, maka jika dibuat untuk lantai tidak akam mudah retak dan termakan rayap.

Kayu meranti juga merupakan kayu dapat menahan terjaan panas dan air. Selain itu warna yang dihasilkan dari kayu ini juga sangat unik, dan recommended untuk anda yang ingin menjadikan kayu ini untuk lantai.

2. Kayu Jati

Siapa yang tak kenal jati. Kayu jati terkenal akan keawetannya yang begitu kuat. Selain digunanakan bahan lantai, kayu jati juga biasanya digunakan sebagai bahan furniture, kerajinan, dan bahan lainnya.

Sama halnya dengan kayu meranti, kayu jati memiliki ciri kuat dan juga keras. Kayu ini tidak akan terpengaruh oleh perubahan cuaca, baik itu panas maupun hujan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline