Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman mudah dan sederhananya mengurus administrasi pembelian mobil di Negeri Kanguru.
Murah tapi bukan murahan
Pernahkan terlintas memiliki mobil laik jalan dengan harga di bawah Rp 50 juta? Mungkin banyak yang akan berpikir. Tidak mungkinlah. Bagaimana jika harga di bawah Rp 30 juta?
Ternyata, mobil dengan harga sekitar Rp 10 juta pun ada. Ini ada buktinya. Berikut tangkapan harga iklan mobil dengan kurs Rp 10 ribu per Dolllar Australia, pada layar website jual beli gumtree Australia:
Tidak heran jika mahasiswa biasa pun bisa punya mobil di Australia. Harga mobil bekas bervariasi tergantung tahun produksi, kondisi tampilan fisiknya, maupun merk buatan mana. Merk Jepang, Eropa, Korea, atau lokal. Makin baru tahun keluaran mobil tersebut, makin tinggi harganya.
Wajib lolos inspeksi laik jalan
Apakah ini mobil butut? Tidak, mobil yang masih layak pakai. Kok bisa? Mudah jawabannya, setiap mobil yang berpindah tangan, untuk dapat digunakan lagi harus memiliki sertifikat laik jalan "Road Worthy Certificate".
Sertifikat ini menjadi gambaran bahwa mobil itu dalam kondisi baik. Baik penjual atau pembeli mendapat opini bengkel yang netral terkait kondisi mobil, sehingga harga transaksi sesuai dengan kondisi.
Untuk mendapatkan surat laik jalan, mobil akan dicek oleh bengkel yang terdaftar. Montir bengkel akan melakukan inspeksi laik jalan yang terkait keselamatan mobil jika dikendarai dengan normal, mencakup:
- Roda (velg) dan ban
- Sistem kemudi, suspensi dan pengereman
- Kursi dan sabuk pengaman
- Lampu dan reflektor
- Kaca depan, dan jendela termasuk wiper kaca depan dan mesin penggeraknya
- Struktur/rangka kendaraan
- Item terkait keselamatan lainnya pada bodi, sasis, atau mesin.
Setelah semua item tersebut diperiksa dan didapati semua berfungsi normal, maka dinyatakan laik jalan. Hasil inspeksi ini hanya berlaku 30 hari sejak diterbitkan. Lebih dari itu, harus dilakukan pemeriksaan ulang.
Jika montir bengkel menemukan ada hal yang perlu diperbaiki, maka dinyatakan tidak laik jalan, dan diberikan kesempatan untuk perbaikan. Kemudian dapat melakukan inspeksi ulang dan dinyatakan memenuhi syarat, "pass", maka terbitlah dokumen laik jalan. Ini menjadi syarat untuk registrasi kendaraan tersebut di samsatnya Australia.
Adanya inspeksi laik jalan sebelum jual beli ini menjadi satu cara untuk meningkatkan keselamatan publik. Mungkin ini pula yang menyebabkan mobil tua mogok jarang tampak di jalanan Australia.