Lihat ke Halaman Asli

DAVA PANGESTU

PENGUSAHA

Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Digitalisasi pada UMKM

Diperbarui: 17 Mei 2023   17:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kondisi saat ini dimana penurunan selera pembeli dan kesulitan distribusi hasil produksi semakin meningkat. Oleh karena itu, membangun jaringan pasar digital menjadi penting bagi pelaku UMKM di era saat ini. Revolusi industri 4.o dan semangat membentuk pasar digital dapat menjadi solusi untuk mendukung kemajuan UMKM di era saat ini. Oleh karena itu, era digitalisasi UMKM sekarang menjadi suatu keharusan untuk menyelamatkan dunia UMKM dan juga agar dapat membangun sistem digitalisasi dalam dunia bisnis.

Digitalisasi merupakan kebutuhan yang tidak bisa dihindari di dunia bisnis saat ini karena mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, terutama bagi UMKM yang harus beradaptasi dengan teknologi agar dapat bertahan dan bersaing di pasar yang semakin berkembang maju. Namun, bagi sebagian pelaku UMKM, pengunaan teknologi masih menjadi hal yang baru dan sulit. Peran mahasiswa dalam membantu meningkatkan digitalisasi pada UMKM sangat dibutuhkan, karena Mahasiswa memiliki peran penting dalam mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia. 

Dalam era digital seperti sekarang, UMKM harus bisa beradaptasi dengan teknologi untuk dapat bertahan dan bersaing di pasar yang semakin modern ini. Namun, tidak semua pelaku UMKM memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi secara optimal. Oleh karena itu, kehadiran mahasiswa sebagai penggerak untuk pendorong perubahan dalam meningkatkan digitalisasi pada UMKM sangatlah penting. 

Mahasiswa memiliki keunggulan dalam hal akses dan penggunaan teknologi, serta kemampuan dalam melakukan riset dan analisis pasar. Mahasiswa juga dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kampus dalam membantu UMKM dalam pengembangan bisnis menggunakan beberapa teknologi digital. Selain itu, mahasiswa dapat membantu UMKM untuk meningkatkan branding dan memperluas jangkauan pasar melalui media sosial dan e-commerce. Mahasiswa juga dapat membantu UMKM dalam hal edukasi dan pelatihan tentang ilmu mengenai teknologi digital. 

Dalam hal ini, mahasiswa dapat mengajarkan UMKM tentang penggunaan perangkat lunak, aplikasi, platform digital, dan lain sebagainya yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis. Selain itu, mahasiswa juga dapat memberikan pelatihan tentang pemasaran digital yang efektif dalam promosi. Lalu apa peran mahasiswa dalam peningkatan digitalisasi pada UMKM? 

1. Membantu UMKM membuat akun bisnis di sosial media atau toko online:
Mahasiswa dapat membantu UMKM untuk membuat akun bisnis di sosial media  atau toko online yang menarik dilihat pelanggan. Dengan adanya akun bisnis di sosial media atau toko online, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan omset penjualan karena dengan mudah bisa dikenal dengan cepat dan luas dengan praktis.
2. Mengelola dan membantu membuat aplikasi pendukung bisnis: 

Mahasiswa dapat Mengelola dan membantu membuat aplikasi pendukung bisnis, seperti GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood. Dengan adanya aplikasi pendukung bisnis, UMKM dapat mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan secara lebih mudah dan efektif.
3. Memberikan pelatihan digital: 

Mahasiswa dapat memberikan pelatihan digital kepada UMKM, seperti penggunaan aplikasi bisnis, pengelolaan data keuangan digital, dan pemasaran digital seperti promosi yang mudah dan cepat. Pelatihan digital ini dapat membantu UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnisnya.

Dengan dukungan mahasiswa dalam meningkatkan digitalisasi pada UMKM, diharapkan dapat mempermudah UMKM dalam beradaptasi dengan era digital dan meningkatkan daya saing bisnisnya ke bisnis era modern saat ini. Selain itu, kehadiran mahasiswa dalam hal ini juga dapat menjadi pembelajaran mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan bisnis untuk bekal ketika dia lulus nanti. 

Kolaborasi antara mahasiswa dan pelaku UMKM diharapkan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan, serta memberikan manfaat bagi semua pihak dan memberikan kontribusi nyata dalam membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline