Lihat ke Halaman Asli

Davanza Nesta Zein

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Kampung Bali, Nuansa Pulau Dewata di Bekasi

Diperbarui: 27 Juni 2022   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bali sudah menjadi tempat wisata yang tidak asing lagi bagi para masyarakat. Nuansa keindahan arsitektur dan ornamen khas Bali menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Tidak heran bahwa Bali menjadi salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk kalian yang belum pernah ke Bali, kalian dapat merasakan suasana Bali hanya dengan berkunjung ke Bekasi. 

Ada apa sih di Bekasi? Terdapat sebuah kampung yang bernama "Kampung Bali" yang jelasnya terletak di Jl. Bali No.49, RT 11/RW 9, Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. 

Pemukiman Kampung Bali yang asri dan tenang ini berbeda sekali dengan daerah sekitarnya, meskipun sama-sama berada di tengah keramaian Kota Bekasi.

Kampung Bali sendiri awalnya terbentuk karena penduduk pertama disana merupakan orang asli Bali yang disusul oleh warga lainnya yang kebetulan didominasi oleh orang Bali. 

"Memang 70% penduduk disini merupakan warga asal Bali, dengan persamaan kebudayaan mereka inilah akhirnya kampung ini disebut sebagai Kampun Bali" ujar Ketua RT Kampung Bali (26/06/2022). 

Masyarakat Bali yang selalu menjaga kebudayaannya biasanya membangun rumah dengan arsitektur khas Bali. Sehingga tidak heran jika rumah penduduk disini dipenuhi dengan ukiran didukung dengan kain poleng di setiap pohon serta umbul-umbul yang menyusuri setiap jalan. 

Suasana Pulau Dewata juga semakin dirasakan dengan corak bali yang menghiasi sepanjang jalan.

Tidak hanya asritektur saja, masyarakat disini juga memiliki mata pencaharian sampingan yang berlandaskan budaya Bali. Misalnya seperti sanggar tari yang mengajarkan tarian khas Bali salah satunya tari Pendet. 

Sanggar tari ini dibangun atas dasar inisiatif warga untuk tetap menjaga kelestarian budaya meskipun berada di tengah perkotaan. Selain itu, ada juga yang menyediakan jasa tata busana dan rias budaya Bali. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline