Lihat ke Halaman Asli

Andy Capp dan Suporter Sepakbola

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1398956545623359238

Hampir semua orang mempunyai tokoh idola seorang pembela kebenaran (superhero). Entah itu Spiderman, Superman, Batman, Wirosableng ataupun entah karakter apa lagi yang akan muncul sebagai pembela kebenaran selanjutnya. Tokoh - tokoh khayal yang luar biasa hebat tapi tidak akan pernah ada di dunia nyata.

Jika seorang suporter sepakbola garis keras ( entah itu hooligan atau Ultras) yang benar - benar menggilai tim sepakbola mereka ditanya siapa tokoh idola atau karakter favorit mereka ? mereka tidak akan menjawab superhero khayalan diatas tadi. Mereka akan menyebutkan nama Andy Capp. Siapa itu Andy Capp ?

Andy Capp adalah tokoh kartun. Tokoh kartun ? Ya tokoh kartun. Karakter Andy Capp ini pertama muncul di koran Inggris Daily Mirror pada tahun 1957, dibuat oleh seorang kartunis berkebangsaan Inggris Reg Smythe. Andy adalah seorang parasit sosial klasik, laki - laki pemalas berasal dari Hartlepool sebuah kota di pinggiran Inggris.

Menurut Smythe yang penduduk Hartlepool, pada periode itu tingkat pengangguran dan buruh lepas yang bekerja tidak pasti sangat tinggi di Inggris. Disebabkan banyaknya pemecatan yang dilakukan oleh bos terhadap pekerja - pekerja kelas bawah di daerah tersebut. Ini salah satu inspirasi Smythe membuat karakter Andy Capp.

Menghabiskan harinya dengan bersantai didepan televisi, kadang bekerja tapi lebih banyak bersantai, berjudi di pacuan kuda, minum bergelas - gelas bir sambil menggoda pelayan yang ada didalam bar sementara istrinyaFlo bekerja sepanjang hari sebagai pembantu rumah tangga, khas kehidupan masyarakat pekerja kelas bawah britania klasik.

Sosok yang selalu mengumpat, bertopi kotak - kotak, syal, dengan rokok menggantung dibibirnya dan segelas bir ini tentu tidak asing bagi suporter sepakbola. Pada periode 60 - 70 an sosok ini begitu digilai oleh kelompok hooligans Inggris. Karena mereka merasa begitu terwakili dengan tokoh kartun ini. Mereka merasa kehidupan mereka ya kehidupan Andy. Yang selalu bertarung dengan bagaimanapun keadaan dan dengan siapapun yang tidak ia senangi. Kehidupan yang keras dan hanya bir dan sepakbola yang menjadi obat.

Andy Capp kemudian menjadi hampir setenar 'simpsons' atau ' Peanuts ' dalam hal popularitas kartun global. Andy memiliki nama - nama khusus di berbagai negara seperti Tuffa Viktor ( Swedia ) , Charlie Kappl ( Austria ) dan Willi Wacker ( Jerman ). Dia adalah sosok yang mudah dikenali dan diidentifikasi apakah itu di Nicosia , Roma atau Munchen. Di Jerman secara khusus ia telah menjadi tokoh yang sangat populer di mana para fans FC Nurnberg telah membuatnya sebagai maskot dengan nama ' Jacky '.

Di Italia sosok Andy yang liar khas Inggris 70an, serta sikap apolitis dirasakan cocok dengan semangat ultras mereka. Sehingga tidak jarang terlihat di bendera - bendera yang mereka bawa dengan tulisan  "No al Calcio Moderno" (Against modern football) dengan Andy Capp ada didalam gambar tersebut. Ultras Roma, Lazio, Napoli dan masih banyak kelompok lain yang mengangkat sosok ini kedalam bendera - bendera mereka.

Reg Smythe berhasil melahirkan karakter yang sangat dekat dengan kehidupan suporter sepakbola khususnya di eropa. Mereka memang lebih memilih panutan sosok yang liar dan melawan sistem daripada mereka yang baik, sok suci dan hanya ditundukkan oleh sebuah aturan yang mengekang mereka. Tidak peduli ia pahlawan, orang baik atau penjahat, Capp dianggap telah mengabadikan stereotip " Anti Hero " pendukung sepak bola yang khas.

Bahkan sampai sekarang dandanan dan karakter khas Andy Capp ini masih akrab kita jumpai di tribun di berbagai negara. Entah itu mereka dengan kultur Casuals atau Ultras. Andy berhasil menjadi global dengan kegilaan dan keliarannya.

Itulah Andy Capp yang dianggap sangat berdampingan dengan kehidupan suporter. Kita merasa aneh dengan ini semua ? Aneh orang liar dijadikan panutan ? ya kita boleh anggap aneh tapi mereka selalu punya satu kalimat yang khas untuk menjawab keanehan, sama khasnya dengan karakter Andy Capp " You will never understand if you are not one of us " .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline