Lihat ke Halaman Asli

Firdaus Cahyadi

Penulis, Konsultan Knowledge Management, Analisis Wacana, Menulis Cerita Perubahan dan Strategi Komunikasi. Kontak : firdaus(dot)cahyadi(at)gmail.com

Bengkel AHASS, Menebar Layanan Ekstra di Penjuru Nusantara

Diperbarui: 24 Desember 2023   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Branch Head Astra Motor Entrop, Riyanto saat mengawasi mekaniknya yang sedang melakukan servis sepeda motor customernya. Sumber gambar: https://papuas

Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sering saya gunakan setiap harinya. Saya harus mengantar anak ke sekolah dan bekerja di Jakarta. Biasanya, saya akan menitipkan motor saya ke stasiun Bogor untuk kemudian naik KRL (kereta rel listrik) Commuter Line menuju Jakarta.

Di tengah perjalanan di dalam KRL Commuter line, tiba-tiba saya mendapatkan pesan singkat melalui handphone. "Selamat pagi. Bapak/Ibu, kami dari bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Terang Motor -- Cimanggu, ingin mengingatkan bahwa sudah 60 hari (2 bulan) Bapak/Ibu belum melakukan service di AHASS kami. Sepeda motor Honda ADV dengan nomor polisi FxxxxAxx sudah memasuki jadwal service berkala/rutin. Untuk menjaga performa mesin motor Bapak/Ibu, kami sarankan untuk melakukan service rutin per 4000 Km atau per 2 bulan sekali dan pergantian oli mesin per 2000 Km".

"Wah baru sadar, motor saya harus masuk bengkel besok," ujarku dalam hati. Layanan melalui pesan singkat ke konsumen seperti ini sangat membantu saya, sebagai pengguna motor Honda yang sering kali lupa untuk membawa motor ke bengkel.
Bagi saya, pengguna motor Honda untuk transportasi sehari-hari, menjaga performa mesin motor adalah prioritas. Service rutin motor di bengkel resmi adalah salah satu cara untuk menjaga performa mesin motor tetap optimal.


Bukan hanya itu, service rutin ke bengkel juga dapat memperpanjang usia pakai sepeda motor karena kondisi seluruh komponen sepeda motor selalu terjaga dalam kondisi prima. Service rutin juga bagian dari upaya untuk menghemat bahan bakar yang harganya sekarang sering naik, tanpa bisa diprediksi.


Pasalnya, dengan service rutin, bagian mesin sepeda motor bekerja dengan baik, pembakaran bahan bakar akan sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia saat proses pembakaran. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat.


Bengkel AHASS pun sangat profesional. Para mekaniknya selalu memberitahukan dulu bila harus ada pergantian spare part. Para mekaniknya tidak akan mengganti spare part bila masih dapat digunakan. 

Para mekaniknya sangat ramah dan terbuka untuk berdiskusi tentang kondisi motor kita. Bila memang ada pergantian spare part, bengkel AHASS akan memberikan spare part yang asli bukan abal-abal (palsu). Ini yang membedakan bengkel AHASS dengan bengkel motor lainnya. Di beberapa bengkel motor lainnya, kadang kala pergantian spare part tanpa seiizin konsumennya. Celakanya, tak jarang spare part yang diberikannya pun abal-abal.

Layanan bengkel AHASS yang mengingatkan konsumennya untuk service, untuk sebagian orang, mungkin dianggap sebuah hal yang sepele. Namun, layanan itu sangat berarti bagi konsumen yang sering lupa melakukan service secara rutin, seperti saya. Pertanyaan dalam hati saya, apakah layanan bengkel AHASS yang mengingatkan konsumennya untuk service itu hanya untuk kami di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi)?

Untuk menjawabnya saya mencoba menghubungi seorang kawan di Yogyakarta untuk menanyakan apakah ada layanan yang sama seperti di Jabodetabek? Ia menjawab juga mendapatkan layanan yang sama. Ia juga merasa terbantu dengan layanan dari bengkel AHASS yang mengingatkan konsumennya untuk service rutin.

"Ah, jangan-jangan hanya bengkel AHASS di Pulau Jawa saja," bisikku dalam hati. Saya pun coba kirim pesan via handphone ke beberapa kawan di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Eh, ternyata jawabannya sama. Mereka juga sering mendapat layanan itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline