Lihat ke Halaman Asli

Rahasia Wisata di Balik Batu Terbesar di Indonesia

Diperbarui: 6 November 2018   06:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Batu Bukit Kelam

Halo sobat, pagi ini aku menuju batu terbesar yang ada di Indonesia, tepatnya batu bukit kelam. Legenda mengatakan bahwa batu terbesar tersebut dibawa oleh seorang pria perkasa suku dayak yang bernama bujang beji yang hendak membendung sungai. Namun, apadaya dalam perjalanan ia digoda oleh seorang bidadari hingga batu tersebut jatuh sebelum sampai di sungai. 

Sebenarnya banyak versi dari cerita rakyat tersebut. Tetapi, kisah dibalik batu terbesar tersebut menjadi kisah cerita rakyat yang menarik untuk di kisahkan kepada anak cucu kita.

Batu bukit kelam ini berjarak 30 menit dari pusat kota Sintang, Kab. Sintang, Kalimantan Barat. Dengan berkendaraan menggunakan motor ataupun mobil. Jalannya yang mulus, berliku-liku dan berbukitan membuat kita harus sedikit waspada. 

Sesampai di batu bukit kelam, pemandangan pertama sampai melihat betapa kokohnya batu terbesar di dunia ini. Saat mencapai gerbang, kita harus berusaha mendaki tempat ini kurang lebih 20 menit mencapai titik air terjun.

15 menit dari titik gerbang, kita sampai ke wisata rohani bukit kelam. Kawasan ini menawarkan kepada kita tentang kesunyian dan keheningan untuk beribadah. 

Walaupun demikian, tempat ini juga tidak serta merta dikunjungi oleh umat nasrani. Tetapi umat beragama lain juga tetap boleh berada disini karena keindahan, kesunyian dan ketenangan bisa kita dapatkan.

So ya, jika kalian sedang berada di Kalimantan barat. Jangan lupa untuk mampir ya di batu terbesar di dunia. Karena banyak yang perlu di ekplore di tempat ini. See u.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline